Habib, Satu-satunya Seniman Pantomim di Subang ?

KOTASUBANG.com, Subang -Ada yang menarik dalam acara Subang Nyeni yang digelar 10-11 Februari lalu di Aula Pemkab Subang. Dalam satu sesinya ditampilkan seni pertunjukkan Pantomim yang sangat jarang dipentaskan di Subang.

Adalah Habib Sokonggo atau dikenal dengan nama panggung Habib Mime, yang membawa pertunjukkan pantomim di Subang Nyeni kemarin yang memberikan warna baru seni pementasan di Subang. Dirinya mungkin adalah satu-satunya seniman pantomim profesional yang ada di Subang saat ini. Beruntung pada pementasan kemarin ada Dirga, bocah kecil yang mau menemaninya tampil.

Habib mengaku, pantomim memang salah satu seni pementasan yang cukup sulit jika dibandingkan dengan seni gerak yang lainnya. Menurutnya, teater tubuh seperti pantomim memerlukan latihan olah tubuh yang cukup berat, sehingga tidak terlalu banyak orang yang memilih seni ini.

Tantangan lainnya bagi perkembangan pantomim di Subang adalah kurangnya minat penonton Subang terhadap pantomim.

“Penonton Subang (maaf) identik dengan yang tidak mau berfikir, inginnya nonton komedi ringan sederhana, tertawa-tawa¬† saja.¬† Namun di Subang Nyeni kita sudah sepakat harus ada sesuatu pembelajaran seni yang bisa dibawa pulang oleh penonton,” ujar pria asal Cibeunying, Dawuan ini.

Habib berharap kedepan akan ada komunitas pantomim yang banyak penggemarnya di Subang. Karenanya, saat ini dirinya juga tengah melatih anak-anak untuk mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dengan seni pantomim. Dengan demikian dirinya berharap akan ada penerus pantomim di Subang.

“Dan saya juga akan tetap bertahan di seni pantomim ini,” pungkasnya.