Tol Subang – Patimban Segera Dibangun

KOTASUBANG.com, Subang – Tol penghubung dari Subang ke Pelabuhan Patimban akan segera dibangun sepanjang 20 kilometer. Jalan tol tersebut merupakan persimpangan (interchange) dari Tol Cipali menuju Patimban. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) usai menggelar rapat pimpinan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Rabu (1/2/2017).

Aher mengaku saat ini masih melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait. Termasuk membahas besaran anggaran yang harus disiapkan khususnya untuk pembebasan lahan.

“Anggarannya masih dibicarakan. Kalau konstruksi kan orang (investor) pada mau. Enggak susah. Yang biasa agak sulit adalah pembebasan lahan,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku pembangunan tol Subang-Patimban sudah ada dalam rencana namun kepastian lokasi masih menunggu informasi dari Kementerian. Menurutnya dengan sisi darat dan tol, kemungkinan lahan yang dibutuhkan bisa mencapai 400 hektare.

“Jadi itu sudah termasuk akses tol yang terhubung ke Cipali,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah pusat harus menyiapkan alokasi anggaran untuk belanja pengadaan tanah, guna menambah lebar dan panjang jalan akses menuju Patimban.

Selain pembangunan tol Cipali – Patimban, Pemprov Jabar juga berencana membangun Tol Bandara Kertajati-Cipali, Tol Jagoratu (Jakarta-Bogor-Pelabuhan Ratu) dan Tol Cigatas (Garut, Tasikmalaya, Ciamis).

Berita Terkait: