Memandang Kampung Terujung Subang di Tapal Batas Puncak Eurad

KOTASUBANG.com, Cisalak – Geliat ekonomi semakin meningkat seiring semain baiknya akses jalan yang menghubungkan desa Wangunharja, kecamatan Lembang, Bandung Barat dengan desa Cupunagara, kecamatan Cisalak, Subang.  Geliat itu bahkan sudah tampak di tapal batas kedua Kabupaten yaitu di puncak Eurad. Di sana kini terdapat warung sederhana yang menyajikan penganan ringan dan minuman hangat seperti bandrek dan bajigur.

Sejak diperbaikinya akses jalan menuju ke sana, kini banyak warga yang sengaja “niis” di sana sambil menikmati bajigur hangat ditengah udara yang sejuk. Bahkan kini untuk lebih menarik pengunjung di sana dibangun menara pandang dimana para pengunjung bisa berselfie ria dengan latar keindahan pegunungan sekitar Cisalak dan lembah kampung Cibitung, kampung terakhir di Kabupaten Subang yang berbatasan langsung dengan Bandung Barat. Pemandangan bukit-bukit, hutan pinus, kebun teh dan kampung Cibitung dari kejauhan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmatinya sambil menyeruput bandrek hangat.

Meskipun berada di perbatasan, untuk menuju ke Puncak Eurad lebih mudah di akses melalui Lembang melalui jalan pasar Ahad – Cikareumbi – Puncak Eurad, karena jalur Cisalak – Cupunagara – Puncak Eurad masih dalam kondisi rusak parah. Perekonomian di wilayah paling ujung Subang tentunya akan semakin tumbuh jika saja akses jalan di sana semakin baik. Warga desa Cupunagara berharap Pemkab Subang bisa memperbaiki jalur yang menghubungkan Puncak Eurad – Bukananagara.