HIPMI Subang, Harus Menjadi Pilar Pembangunan di Kabupaten Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Hadirnya tol Cipali, Bendung Sadawarna dan Pelabuhan Internasional Patimban yang segera dibangun harus dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya pembangunan ekonomi masyarakat Subang. Hal itu diungkapkan Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih, di hadapan puluhan pengurus dan anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Kabupaten Subang dan tamu undangan dalam acara pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) BPC HIMPI Subang di Fave Hotel, jalan Kapten Hanafiah, Subang, Selasa (24/01/2017).

Dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, Imas berharap masyarakat Subang jangan hanya jadi penonton, namun menjadi pelaku usaha langsung dengan memanfaatkan peluang yang ada dari pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Subang tersebut.

“Keberadaan tol Cipali, pelabuhan Patimban, Bendungan Sadawarna serta potensi wisata di Kabupaten Subang harus digali supaya kita jangan sampai jadi penonton saja,” kata Imas.

Karenanya kata Imas, Sumber Daya Manusia Kabupaten Subang benar-benar harus dipersiapkan. Untuk itu dirinya berharap adanya sinergitas antara pengusaha, akademisi dan pemerintah untuk memajukan Kabupaten Subang.

“Saya berharap organisasi HIPMI menjadi salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Subang dan bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada khususnya sumber daya manusia (SDM) tersebut,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum HIPMI BPC Subang Dindin Lazuardin dalam sambutannya. Dindin mengungkapkan bahwa keberadaan HIPMI di Kabupaten Subang untuk mendukung Program Gapura Emas (Ekonomi Masyarakat) yang dicanangkan pemerintah, supaya masyarakat Subang secara ekonomi menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

“Jangan sampai penduduk asli Subang terpinggirkan atau (hanya mampu) menjadi buruh. Untuk mendukung program pemerintah yaitu  Gapura Emas, HIMPI siap untuk menjadi gerbong dengan program Garuda (Gerakan Wirausaha Muda),” ujarnya menjelaskan.

Dalam kesempatan tersebut turut pula dilantik HIPMI Perguruan Tinggi (HIPMI PT) yang merupakan salah satu implementasi dari program Garuda, dimana anggotanya merupakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Subang.

“Sudah terbentuk HIPMI Perguruan Tinggi yang berasal dari Unsub, STIESA, STT Texmaco dan dari Politeknik Negeri Subang” kata ketua panitia Rakercab, Rizky Hakim.

Dalam acara Rakercab HIPMI BPC Subang tersebut digelar diskusi bersama dewan pembina HIMPI Subang Evi Natalia, Nia Kurniasari Arizona dan Perwakilan HIPMI BPD Jawa Barat. Digelar pula diskusi bersama yang menghadirkan Perwakilan BJB Subang, Kepala Kantor Pos Subang Ilham Permono  dan Kepala KPP Pratama Subang, Pudi Riana.

Kepala KPP Pratama Subang Pudi Riana mengungkapkan apresiasinya dengan dengan digelarnya acara tersebut. Dirinya mengingatkan kepada para entreupreuner Subang yang baru saja memulai usaha untuk tidak lupa membayar pajak jika usahanya sudah menghasilkan laba.

“Dan membayar pajak itu sangat gampang, saat ini kami pun terus berupaya mengubah image bahwa bayar pajak itu sulit.” ungkapnya.