Dimana Saja tempat Keren dan Instagramable di Subang ??

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang memiliki banyak potensi wisata alam yang indah dan ternyata “instagramable”. Keindahan alam Subang tersebut terpotret dalam akun instagram para netizen. Yang menarik, foto-foto yang menunjukkan keindahan alam Subang tersebut diantaranya bukan diambil di lokasi wisata mainstream yang ada di kabupaten Subang, namun diambil di lokasi yang tersembunyi bahkan harus dicapai dengan cara mendaki. Foto-foto keindahan alam Subang yang tersebar di instagram tersebut tampak  keren karena kreativitas, sudut pengambilan dan proses editing pada foto yang diupload.

Dimana sajakah lokasi foto-foto keindahan alam Subang yang ngehits di instagram? Berikut diantaranya;

1. Kebun teh Ciater

Kebun teh tentu saja menjadi salah satu tempat foto favorit siapapun yang berkunjung ke Ciater, Subang. Salah satu spot favoritnya adalah di gerbang Villa Tea Mountain pinggir jalan raya Ciater – Bandung. Sunrise adalah waktu terbaik untuk mengambil foto di spot ini, jika cuaca bagus Anda akan melihat lautan awan diantara bukit-bukit teh.

2. Curug Kaliangkak

Curug kecil ini sebenarnya bukan tempat wisata umum, namun berada pada area villa milik pribadi di desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Yang unik dari curug ini adalah airnya yang akan berubah menjadi berwarna kebiruan ketika musim kemarau tiba.

3. Curug Cisaladah

Sama halnya dengan curug Kaliangkak, curug Cisaladah juga bukan tempat wisata umum. Untuk bisa berfoto di sana pengunjung harus meminta izin kepada pemilik villa atau penjaganya. Lokasi curug Cisaladah juga berdekatan dengan curug Kaliangkak, yaitu di desa Nagrak, Kecamatan Ciater

4. Curug Cibareubeuy

Curug ini terletak di desa wisata Cibeusi Kecamatan Ciater. Untuk mencapainya, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 jam melewati pematang sawah. Selain bisa berfoto langsung di depan Curug, di sana juga terdapat menara pandang di atas pohon. Para pengunjung biasanya berfoto di sana dengan latar curug Cibareubeuy.

5. Curug Cina

Curug Cina terletak di desa Curug Agung, Kecamatan Sagalaherang. Curug ini belum dikelola secara profesional. Untuk mencapainya dari tempat parkir kendaraan pengunjung harus berjalan kaki sekira 30 menit melalui jalan setapak yang masih tanah dengan kontur naik turun.

6. Curug Peureu

Curug mungil ini terletak di tengah perkebunan teh blok Dawuan Ciater, tepatnya di kampung Dawuan, Desa Ciater, karenanya curug ini kerap juga hanya disebut sebagai curug Dawuan. Nama lain dari curug ini adalah curug Kembar, dulu ketika debit airnya masih tinggi berdekatan dengan curug Pereu ini juga terbentuk curug lainnya sehingga disebut curug Kembar.

7. Curug Sadim

Curug indah ini juga tersembunyi diantara perkebunan teh. Meskipun secara administratif curug ini masuk ke kampung Panaruban, desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang namun lokasinya juga dekat dengan Ciater. Kini curug ini dikelola oleh PTPN VIII Ciater.

8. Curug Mandala

Curug ini masih satu aliran sungai dengan curug Sadim. Di aliran sungai yang sama, posisinya lebih ke hulu daripada curug Sadim. Sama dengan curug Sadim, curug ini juga dikelola oleh PTPN VIII Ciater.

9. Bukit Santiong

Bukit ini sebenarnya merupakan landasan olahraga Paralayang yang ditata oleh pihak PTPN VIII Ciater. Namun ternyata banyak juga pengunjung yang datang untuk sekedar berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan dai atas bukit Santiong.

10. Pantai Pondok Bali

Di tengah abrasi yang terus melandanya, ternyata pantai ini, masih menyimpan pesonanya. Cobalah mengambil foto ketika sunset tiba.

11. Curug Cileat

Meskipun untuk mencapainya harus menempuh perjalanan sekira 1.5 hingga 2 jam berjalan kaki melalui jalan setapak dengan kontur menanjak, namun ketika tiba di lokasi siapapun akan takjub melihat curug tertinggi di Kabupaten Subang ini.

12. Curug Bentang

Curug ini terletak di perbatasan Desa Sanca dan Cibitung, Kecamatan Ciater. Dari kampung Banceuy pengunjung harus berjalan kaki sekira 25 – 30 menit melalui jalan setapak. Dahulu curug ini sempat dikelola namun kemudian kembali terabaikan.

13. Gunung Canggah

Gunung Canggah terletak di Kecamatan Cisalak. Khusus untuk lokasi yang satu ini, hanya pecinta alam yang sudah terbiasa mendaki gunung yang bisa mencapainya. Yang belum terbiasa naik gunung tidak disarankan untuk mendaki gunung Canggah. Para pendaki gunung Canggah biasanya mengunggah foto-foto suasana sunrise dari puncak Gunung Canggah ke instagram.

14. Bukit Pamoyanan

Bukit ini terletak di desa Kawung Luwuk, Kecamatan Tanjungsiang. Tak terlalu sulit mendaki bukit ini, karena kendaraan bisa diparkirkan tak jauh dari puncak bukit. Di atas bukit ini wisatawan bisa menikmati fenomena alam yang mankjubkan mulai dari dini hari hingga pagi hari berupa lautan awan yang terhampar di bawah bukit. Berfoto dengan latar belakang lautan awan kini tengah menjadi hits dikalangan pengguna instagram sejak komunitas foto Bingkai fotografi Subang dan BPPD Suabng mempopulerkan kembali tempat ini melalui video ini.

16. Pantai Cirewang

Pantai ini termasuk ke desa Pangarengan kecamtan Legonkulon. Untuk menuju kesana pengunjung harus melewati sungai yang airnya berwarna hijau yang membelah hutan bakau sekira 15 menit. Pohon bakau yang meranggas di tepi pantai biasanya menjadi latar belakang foto favorit.

17. Puncak Eurad

Merupakan tapal batas antara Kabupaten Subang dan Bandung Barat. Pemandangan bukit-bukit, hutan pinus, kebun teh dan kampung Cibitung dari kejauhan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmatinya sambil menyeruput bandrek hangat. Disana terdapat beberapa tempat untuk pengunjung berselfieria dengan latar belakang lembah dan pegunungan. Meskipun berada di perbatasan, untuk menuju ke Puncak Eurad lebih mudah di akses melalui Lembang melalui jalan pasar Ahad – Cikareumbi – Puncak Eurad, karena jalur Cisalak – Cupunagara – Puncak Eurad masih dalam kondisi rusak parah.

 

Baca Juga : 45 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi di Subang