Berdayakan UMKM, Anggota Polsek Binong Polres Subang Ciptakan Golok Seni Ukir Solder Khas Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang kini tengah berlangsung, peningkatan kualitas UMKM di Kabupaten Subang harus menjadi perhatian berbagai pihak, agar para pelaku UMKM tersebut bisa bersaing di ASEAN. Perhatian itu bukan hanya menjadi tanggungjawab dinas terkait saja, namun berbagi pihak juga bisa berpartisipasi untuk meningkatkan daya saing yang ujungnya meningkatkan kesejahteraan para pelaku usahadi Kabupaten Subang.

AIPTU M. Komarudin ketika diwawancara oleh TV swasta nasional

Adalah AIPTU M. Komarudin seorang anggota Polsek Binong, Subang yang juga telah turut berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM di Subang khususnya pengrajin golok dan kujang. Terinspirasi setelah melihat kehidupan para pengrajin yang belum meningkat perekonomiannya, dirinya kemudian memiliki ide untuk meningkatkan kualitas produksi golok dan membuat hal yang berbeda dengan golok yang telah ada, yaitu memadukan pembuatan golok dengan seni ukir solder khas Subang.

Disela waktu liburnya AIPTU M. Komarudin mengkaji agar produk golok atau kujang Kabupaten Subang dapat diterima dikalangan bawah, menengah dan atas dengan mendatangi para pengrajin yang ada di Subang. Akhirnya dirinya mendapat pemikiran untuk memadukan hasil karya pandai besi, pembuat sarung dan handle golok, pengukir dan tukang solder untuk menghasilkan karya golok dengan kualitas terbaik. Atas perpaduan keempat jenis pengrajin yang berasal dari wilayah berbeda tersebut akhirnya terciptalah suatu karya GOLOK DAN KUJANG SENI UKIR SOLDER KHAS SUBANG yang bisa dipergunakan untuk bekerja baik di kebun atau di sawah atau bisa juga menjadi hiasan di dalam rumah.

Selanjutnya AIPTU M. Komarudin mengajak Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang untuk memberikan bimbingan dalam meningkatkan kualitas produk para pengrajin golok. Gayung bersambut, harapannya kemudian ditanggapi secara positif oleh Dinas Koperasi dan UMKM yang kemudian melalui PLUT KUMKM Kabupaten Subang menyelenggarakan pelatihan peningkatan kualitas produk golok dan kujang di sentranya.

Golok dan kujang seni ukir solder khas Subang tersebut kini mulai dikenal khalayak, bahkan salah satu stasiun TV swasta nasional pun tertarik untuk membuat liputan mengenai golok khas Subang ini.

Dengan diberdayakannya 4 jenis pengrajin dari berbagai wilayah yaitu pandai besi dan tukang maranggi (pembuat sarung dan gagang golok) di kampung Cikadu, Kecamatan Tanjung Siang, pengrajin ukiran di Kecamatan Pagaden, seniman ukir solder di Kecamatan Cijambe dan Binong maka kerajinan golok ini pantas mendapat sebuah pengakuan dari pemerintah Kabupaten Subang sebagai Golok Seni Ukir Solder Khas Kabupaten Subang.