Kaleidoskop Subang 2016

Rangkuman dari aneka peristiwa-peristiwa yang terjadi di Subang pada tahun 2016.

Januari 2016

Pelaku Bom Sarinah Asal Subang

Serangkaian bom meledak di sekitar Sarinah, Jakarta sekitar pukul 10.53 WIB. Ledakan tersebut disusul dengan adu tembak antara polisi dan pelaku ledakan. Sedikitnya tujuh orang tewas, termasuk lima terduga teroris. Salah satu pelaku teror yang tewas tersebut ternyata warga Compreng, Subang.

Februari 2016

Sentra Peternakan Rakyat Dideklarasikan di Tanjungsiang

Bupati Subang, H. Ojang Sohandi bersama Kadis Peternakan Jabar, Ir. Dodi Firman dan Direktur Pembibitan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Ir. Ali Rahman serta Muspida Kabupaten Subang menghadiri deklarasi dua kegiatan sentra peternak rakyat (SPR) Kabupaten Subang di Desa Sindanglaya, Kecamatan Tanjungsiang, Subang, Rabu ( 10/2/2016).

SPR didirikan dengan tujuan memberi ilmu pengetahuan kepada peternak berskala kecil tentang berbagai aspek teknis peternakan dan nonteknis yang melandasi terwujudnya perusahaan kolektif dalam satu manajemen yang dikelola oleh satu manajer dalam rangka meningkatkan daya saing usahanya untuk meningkatkan pendapatannya serta kesejahteraannya.

Untuk Provinsi Jawa Barat dari 27 kabupaten kota, hanya 4 kabupaten yang menjadi tempat SPR. Keempat  kabupaten tersebut hanya Kabupaten Subang yang diberikan 2 tempat SPR yaitu SPR Kasaliang yang mencakup wilayah Kasomalang, Cisalak, Tanjung siang, dan SPR Cinagarabogo mencakup wilayah Cipunagara dan Cibogo.

 

Maret 2016

Ekspose Riset TRPIP

Sebuah sejarah terukir hari ini di Subang,  mungkin baru pertama kali juga di Indonesia, dimana puluhan elemen masyarakat berkumpul di gedung DPRD untuk menyimak sebuah hasil penelitian yang dibiayai swadaya oleh relawan yang gelisah dengan fenomena yang terjadi seiring tumbuhnya industri di Subang. Relawan tersebut tergabung dalam Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP).

 

April 2016

Ojang Sohandi dan KPK

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari Selasa, (12/4/2016) pukul 12.20 WIB akhirnya menjelaskan status Bupati Subang Ojang Sohandi dalam sebuah konferensi pers yang digelar di gedung KPK Jakarta. Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers di kantor KPK, menjelaskan bahwa Ojang Sohandi, Bupati Subang, terlibat dalam kasus suap jaksa untuk kasus korupsi dana Bantuan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Subang. Bersama Ojang turut pula ditetapkan sebagai tersangka 2 PNS di lingkungan Pemkab Subang dan 2 dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Mei 2016

Banjir Bandang Cisalak

Banjir bandang melanda pemukiman penduduk di Kampung Cihideung Girang, Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Minggu (22/5) malam, menyebabkan korban jiwa dan kerugian materi. Total seluruh korban berjumlah 13 orang dan warga yang diungsikan mencapai 388 orang.

 

Juni 2016

Kecelakaan di Ciater Viral di Media Sosial

Sebuah kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor R25 dan mobil Ayla terjadi Minggu pagi (26/6/2016) di Ciater. Detik-detik kecelakaan tersebut terekam kamera sport cam, yang terpasang pada pengendara motor yang berada tepat di belakang pengendara yang menjadi korban kecelakaan tersebut.

 

Juli 2016

Adipura

Pupus sudah keinginan Pemkab Subang untuk meraih piala Adipura tahun 2016.  Namun, kegagalan meraih piala Adipura tersebut sedikit terobati dengan diraihnya sertifikat Anugerah Adipura, bersama 143 kota dan kabupaten lain se-Indonesia. Sertifikat ini diberikan kepada pemerintah Kota/Kabupaten dinilai telah mampu meningkatkan kinerja pengelolaan Lingkungan Hidup. Sertifikat Adipura tersebut diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Istana Siak, Riau, Jumat (22/7/2016).

Agustus 2016

Selamat tinggal TRPIP, Selamat datang #SubangBaru

Manifesto perubahan #SubangBaru dideklarasikan, sekaligus dibubarkannya Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP) yang merupakan embrio lahirnya gerakan #SubangBARU.

September 2016

Peningkatan Potensi Produk Unggulan Daerah

Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) yang terletak di jalan KS Tubun No. 40, Subang diresmikan menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Menteri Koperasi dan UKM berharap hadirnya PLUT KUMKM di Subang bisa bermanfaat membantu mengatasi kendala para pelaku usaha, sekaligus meningkatkan daya saing produknya.

November 2016

Padi dan MURI

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat rekor baru yaitu hasil panen tahun 2016 sebanyak 10,2 ton per hektare sebagai yang tertinggi di Indonesia. Hasil panen itu memecahkan rekor sebelumnya, 9,6 ton per hektare di Jember, dua tahun lalu.

 

Desember 2016

Ratusan Pejabat Dilantik

967 pejabat baru hasil rotasi di lingkungan Pemkab Subang dilantik di GOR Gotong Royong, Subang, Jumat (30/12/2016). Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati No. 821.2/KEP.480-BKD/2016, No. 821.2/KEP.481-BKD/2016 dan No. 821.2/KEP.482-BKD/2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang Pengangkatan Pejabat Struktural‎ eselon II, eselon III dan eselon IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang. Pejabat yang dilantik tersebut terdiri dari 28 pejabat eselon II, 22‎0 pejabat eselon III dan 719 pejabat eselon IV.

 

Berita Terkait: