Lantik Pengurus BPPD, Plt Bupati Subang Janji Perbaiki Infrastruktur Menuju Lokasi Wisata

KOTASUBANG.com, Subang – Infrastruktur jalan menjadi salah satu penghambat majunya pariwisata di Kabupaten Subang. Padahal potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Subang sangat bagus dan lengkap. Hal itu diungkapkan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Subang, H. Mochamad Nuzul seusai pelantikan pengurus penentu kebijakan BPPD Kabupaten Subang di Aula Pemkab Subang, Jumat (23 /12/2016).

“Saya bangga dengan potensi wisatanya, namun infrastuktur harus kita bangun dan perbaiki, karena kondisi infrastruktur yang kurang baik  menjadi kendala kami dalam mempromosikan potensi wisata yang ada. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan dari  dinas teknis yang menangani infrastruktur,” ungkapnya.

bppd-subang-b bppd-subang-c

Selain itu menurutnya perlu adanya pelatihan untuk meningkatkan SDM masyarakat di sekitar lokasi objek wisata. Dirinya berharap adanya sinergi dari semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata di Kabupaten Subang.

Menanggapi hal tersebut dalam sambutannya, Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih berjanji akan memperbaiki jalan menuju berbagai lokasi wisata di Kabupaten Subang untuk mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Subang.

“Insya Allah kami akan memperbaiki semua infratruktur jalan termasuk yang menuju lokasi wisata karena ini sudah menjadi komitmen Pemkab, namun pelaksanaannya secara bertahap,” ujarnya.

“Saya berharap dengan terbentuknya BPPD ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Subang memiliki potensi wisata yang komplit mulai dari laut, gunung, sawah, perkebunan dan banyak lagi potensi lainnya yang belum tergali. Apalagi nanti kita akan memiliki pelabuhan Patimban dan bendungan Sadawarna,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Kadisbudparpora Kabupaten Subang, Hidayat. Dirinya berharap kehadiran BPPD yang merupakan mitra pemerintah, bisa membantu meningkatkan kunjungan wisata domestik maupun mancanegara.

“Kami berharap peran BPPD bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Subang. Sebab potensi dan peluang Pariwisata di Subang cukup besar, apalagi sudah didukung dengan terbukanya akses tol Cipali,” katanya.

bppd-subang-e

Sementara itu Wakil Ketua BPPD Jawa Barat H.R Maktak Hidayat mengatakan dirinya selama ini hanya mengetahui Tangkuban Parahu dan Sari Ater saja.

“Saya baru mengetahui dari slide foto yang ditampilkan panitia, ternyata di Subang banyak potensi wisata yang lainnya. Hal ini artinya peran BPPD sangat penting adanya. Tanpa promosi kemajuan pariwisata adalah mimpi,” ungkapnya.

Dirinya juga mengungkapkan BPPD bersama semua pihak terkait harus bersama-sama berdiskusi menentukan objek mana yang sudah siap dan harus dipersiapkan untuk dipromosikan. Menurutnya harus juga dianalisa pasar mana yang potensial untuk objek-objek wisata tersebut.

Dilantik oleh Plt Bupati Subang 7 orang sebagai penentu kebijakan di BPPD Subang, yaitu Ketua Mochamad Nuzul, wakil ketua Ratna Setiawan Bambang, sekretaris Evi Natalia Tan, Firmansyah, Nia Kurniasari, Yos Surasa, dan Daeng Ma’mur Thahir sebagai anggota.

Berita Terkait: