Bersinergi dengan PPTTG-LIPI, PLUT KUMKM Subang Selenggarakan TTG Pengolahan Buah

KOTASUBANG.com, Subang -Bersinergi dengan Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) – LIPI Subang, Dinas Koperasi dan UMKM dan PLUT KUMKM yang kini bertransformasi menjadi Center For Integrated Services of SMEsCo (CIS) Subang, Rabu (21/12/2016)  menggelar Pelatihan TTG pembuatan sari buah. Sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari Penggerak PKK kecamatan Cijambe dan Pusakanagara mengikuti kegiatan tersebut. Pelatihan TTG yang diberikan disesuaikan dengan potensi komoditas di kedua daerah asal peserta yaitu nanas dan mangga.

Penyampaian materi teknologi pembuatan sari buah disampaikan di gedung CIS (PLUT-KUMKM), jalan KS Tubun No. 40, Subang oleh narasumber dari PPTTG-LIPI R. Cecep, sementara itu praktik TTG dilaksanakan di laboratorium PPTTG-LIPI, jalan KS Tubun No. 5, Subang.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang, Drs. Ugit Sugiana, M.Si mengungkapkan bahwa pelaksanaan TTG bersama PPTTG-LIPI ini merupakan salah satu implementasi nota kesepahaman yang telah disepakati antara PLUT-KUMKM Subang.

“Saya berharap dengan kerjasama ini akan semakin banyak potensi komoditas Subang yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan. Kita punya mangga, nanas sampai buah naga yang bisa diolah menjadi produk unggulan” ujarnya.

Sementara itu mewakili PPTTG-LIPI Kabid Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Pengembangan, Rima Kumalasari, S.TP, MM berharap sinergi pelaksanaan pelatihan bagi pelaku UMKM yang merupakan salah satu wujud implementasi nota kesepahaman bersama seperti ini dapat terus berlanjut.

“Model pelaksanaan TTG dimana pemberian materi dilaksanakan di gedung PLUT kemudian praktik yang dilakukan di lab PPTTG-LIPI sangat baik dilakukan untuk saling mengenalkan fungsi masing-masing lembaga,” ujarnya.