Perwakilan Dari 5 Kecamatan Jadi Finalis Festival Sinden Titim Fatimah Tingkat Remaja

KOTASUBANG.com, Subang – Disbudparpora Kabupaten Subang, Rabu (15/12/2016) menggelar final Festival Titim Fatimah Sirung Sinden Kabupaten Subang, di villa Sari Alam, Ciater. Dalam final tersebut 6 orang remaja yang berasal dari Kecamatan Pagaden, Pagaden Barat, Kalijati, Purwadadi dan Ciater beradu kebolehan ngawih lagu-lagu yang dibawakan sinden legendari asal Subang Titim Fatimah.

Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Subang, Yatin mengungkapkan festival ini dilaksanakan dalam rangka regenerasi sinden di Kabupaten Subang.

“Jika biasanya kita menyelenggarakan festival Titim Fatimah untuk dewasa, kali ini kita menyelenggarakan untuk kategori remaja. Hal ini dilakukan untuk regenerasi sinden di Kabupaten Subang,” katanya.

Sementara itu Kadisbudparpora Kabupaten Subang, Hidayat, mengatakan, ditengah gempuran budaya asing yang semakin menyisihkan budaya sendiri, acara ini harus terus diselenggarakan. Ke depan dirinya berharap lebih banyak lagi peserta yang mengikuti gelaran tersebut.

“Kedepan promosi kegiatan seperti ini harus lebih ditingkatkan sehingga akan lebih banyak peserta yang mengikuti. Pengumuman harus dilaksanakan hingga ke desa-desa, melalui radio dan berbagai media lainnya. Jika perlu hadiah lombanya pun semenarik mungkin, sehingga akan banyak peserta yang akan mengikuti,” ujarnya.