Bambooe Ansamble Spensa Subang Raih Juara II Pasanggiri Angklung Jawa Barat

KOTASUBANG.com, Bandung –  Bass Bambooe Ansamble Spensa Subang berhasil meraih juara II dalam pagelaran Pasanggiri Angklung 2016, yang digelar Rabu (09/11), di Teater Tertutup Balai Pengelolaan Taman Budaya Provinsi Jawa Barat Jl. Bukit Dago Selatan No. 53 A Bandung. Sementara itu juara I ditempati Kabupaten Kabupaten Karawang dan juara III direbut Kota Tasikmalaya. Sedangkan juara harapan I Kab. Bandung Barat, harapan II Kab. Indramayu, harapan III Kab Majalengka. Sementara untuk juara favorit Kota Bandung.

Acara dibuka Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida SH M.Si. Dalam sambutannya, diharapkan dengan adanya kegiatan ini muncul bibit-bibit baru ahli-ahli angklung kawakan, yang tidak hanya dari angklung Saung Udjo saja, tapi muncul lagi dari generasi muda lainnya. Angklung harus terus menerus dilestarikan. “Pesan pak gubernur secara khusus disampaikan agar pasanggiri setiap tahun harus dilaksanakan, karena pasanggiri ini adalah salah satu seni budaya masyarakat Jawa Barat. Kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan angklung,” jelasnya.

Angklung, lanjutnya, telah diakui UNESCO, sebagai kekayaan dari masyarakat Jawa Barat. Kita pemerintah Provinsi Jabar mempunyai tugas untuk melestarikan seni budaya dan hal inipun perlu didukung oleh seluruh masyarakat Jawa Barat. “Saya sangat berharap hadir lagi udjo-udjo baru kedepannya, termasuk juga konduktor-konduktor baru. Negara lain seperti Inggris, Belanda dan Australia sudah meminta konduktor angklung, untuk bisa mengajar angklung disana. Ini bisa menandakan kalau angklung disukai juga oleh masyarakat di luar negeri, paparnya.

Peserta Pasanggiri Angklung diikuti 23 Kab/Kota se-Jawa Barat, yaitu Kota Cimahi, Kab. Kuningan, Kab. Bogor, Kab. Karawang, Kab. Majalengka, Kota Bekasi, Kab. Bandung Barat, Kota Cirebon, Kab. Subang, Kota Tasikmalaya, Kota Bandung, Kota Depok. Kab. Ciamis, Kab. Sukabumi, Kota Banjar, Kab. Cianjur, Kab. Indramayu, Kab. Sumedang, Kab. Purwakarta, Kota Sukabumi, Kab. Tasikmalaya, Kab. Garut dan Kab. Bandung.

Berikut susunan Juara Pasanggiri Angklung Tingkat Jawa Barat 2016

• Juara I ( Rp. 12.500.000 )
Kabupaten Karawang : Group Athreeka

• Juara II ( Rp. 10.000.000 )
Kabupaten Subang : Group Bass Bambooe Ansamble Spensa

• Juara III ( Rp. 7.500.000 )
Kota Tasikmalaya : Group Awi Sada Dekresi

• Juara Harapan I ( Rp. 4.000.000 )
Kabupaten Bandung Barat : Group Samara

• Juara Harapan II ( Rp. 3.000.000 )
Kabupaten Indramayu : Group Swara Dharma Ayu Harmony

• Juara Harapan III ( Rp. 2.000.000 )
Kabupaten Majalengka : Group Remaja Seni Ganesha

• Juara Favorit ( Rp. 1.500.000 )
Kota Bandung : SMPN 15 Bandung

(Humas Disparbud Jawa Barat / Foto Pikiran Rakyat)