Pelabuhan Patimban Akan Terhubung dengan Stasiun Pagaden

KOTASUBANG.com, Jakarta – Pelabuhan internasional Patimban Subang, Jawa Barat akan dilengkapi dengan fasilitas kereta api barang. Kereta barang ini untuk memudahkan transportasi barang keluar masuk pelabuhan tersebut.

Pelaksana tugas ‎Bupati Subang Imas Aryumningsih mengatakan, kereta barang akan terhubung dari Stasiun Pegaden ke Patimban. Hal tersebut sudah ada dalam rencana pembangunan Pelabuhan Patimban.

“Pegaden ke Patimban itu bisa pakai kereta barang. Nanti dalam rencananya ada. Nanti itu kereta barang,” kata Imas, di Kantror Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Imas menuturkan, rencana tersebut belum didetilkan terkait dengan skema pembiayaan proyek tersebut. Oleh karena itu pemerintah daerah tidak terlibat proses tersebut.

“Belum sedetil itu ya ( kereta barang). Mungkin perencanaan ya begitu. Ya itu (skema pembiayaan) kalau kami dari Pemda tidak ikut campur itu,” ujar Imas.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pembangunan Pelabuhan Patimban masih menghadapi kendala yaitu izin dan analisis dampak lingkungan (amdal) yang belum selesai.

“Izin, soal amdal, RT RW. Itu belum beres. Itu formalitas surat menyurat antar departemen,” ‎ujar Budi.

‎Budi mengungkapkan, dalam  rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan disimpulkan, proses pembangunan Pelabuhan Patimban harus dipercepat, baik izin dan amdal yang saat ini masih menjadi kendala. “Amdal, perencanaan harus dipercepat dengan izin-izin,” tutur Budi. (Liputan6)