Tandai Kiprah 3 Dasawarsa, PPTTG-LIPI Subang Gelar Open House

KOTASUBANG.com, Subang – Bulan Oktober ini Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) LIPI Subang menginjak 3 Dasawarsa kiprahnya di Indonesia. Menandai hal itu PPTTG-LIPI Subang menggelar Open House mulai tanggal 18 – 20 Oktober 2016. Dalam kesempatan Open House tersebut PPTTG-LIPI menyelenggarakan berbagai pelatihan atau bimbingan teknis gratis kepada masyarakat, selain itu ada pula kunjungan dari berbagai sekolah untuk melihat berbagai fasilitas yang dimiliki PPTTG-LIPI.

“Kami berharap, dengan open house yang berlangsung tiga hari ini menjadi sosialisasi terbuka bagi pengembangan fasiltas yang ada disini termasuk hasil penelitian. Masyarakat bisa lebih tahu dan lebih dekat, sehingga menjadi ajang tukar pikiran untuk menyamakan persepsi. Pada gilirannya masyarakat yang memanfaatkan hasil penelitian berupa teknologi tepat guna bisa lebih banyak lagi,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, LIPI, Laksana Tri Handoko meninjau berbagai fasilitas di PPTTG-LIPI Subang. Dirinya berharap dengan Open House ini eksitentsi dan kontribusi LIPI bisa semakin dirasakan masyarakat.

Sementara itu Kepala PPTTG-LIPI Yoyon Ahmudiarto mengkapkan para pelaku usaha  di Kabupaten Subang yang sudah menerapkan teknologi tepat guna hasil penelitian LIPI masih terbilang minim. Padahal, PPTTG- LIPI di Subang menyatakan sudah membuka diri dan mempersilakan para pelaku usaha untuk memanfaatkan fasilitas maupun laboratoriumnya.

“Tiap tahunnya ada peningkatan. Tapi bila dilihat dari potensi, pelaku usaha maupun respons masyarakat di Subang terhadap teknologi tepat guna masih terbilang minim,” katanya.

Dirinya juga berharap, ke depannya penerapan teknologi tepat guna di Subang bisa lebih luas lagi.

Foto : Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik – LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko Membuka kegiatan Open House 3 Dasawarsa Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna – LIPI Subang.