Drama Tentang Potret Buruh Perempuan Subang Akan Dipentaskan Di Bandung

 

KOTASUBANG.com, Subang – Subang yang agraris kini harus berhadapan dengan invasi industrialisasi yang masif. Perubahan tatanan sosial ekonomi masyarakat kian terasa semakin menguat di Subang. Data tahun 2014 menunjukkan ada 21 perusahaan yang bergerak dalam industri garmen di Subang, di mana lebih dari 84 % pekerjanya adalah perempuan. Hal ini kemudian melahirkan fenomena “Suami Ternak Teri” (Suami Antar Anak-Antar Istri). Tinggalah kini para suami buruh pabrik menggantikan posisi peran dan fungsi perempuannya di dalam urusan kerumahtanggan.

Perubahan peran dan fungsi inilah yang akan di eksplorasi dalam pertunjukan yang berjudul “Kelas Dua” merujuk pada istilah second sex  yang di populerkan oleh Simone de Beauvoir salah seorang pengarang buku‘Le Deuxième Sexe’ (1949) dicatat sebagai karya klasik yang memberikan penerangan tentang ketertindasan perempuan selama ini dan telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam upayanya mendorong inspirasi gerakan-gerakan pembebasan perempuan.

Pertunjukan drama “Kelas Dua” arahan sutradara asal Subang Asep Kusmana ini akan ditampilkan 22 Oktober 2016 mendatang di Gedung Kesenian Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), jalan Buah Batu No 212,  Bandung, pukul 15.30 WIB.

untitled-1

 

Berita Terkait: