Desa Wisata Cibeusi Subang, Menikmati Keindahan Curug Hingga Beras Hitam

KOTASUBANG.com, Subang – Gemericik air, udara yang sejuk, hamparan sawah menghijau akan menyambut anda di desa wisata Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Bukan hanya itu, desa ini memiliki pesona alam lainnya yang memukau mulai dari curug-curug yang indah hingga tanaman padi unik yang tak ditemukan di daerah lain.

Curug Cibareubeuy, adalah curug tertinggi di desa wisata Cibeusi. Untuk mencapainya pengunjung harus berjalan kaki sekitar 45 menit hingga 1 jam melewati pematang sawah dan bukit. Namun jangan khawatir, pemandangan yang indah akan menemani sepanjang perjalanan menuju curug. Hamparan sawah berundak, batu-batu raksasa di tengah sawah dan sungai-sungai berair jernih akan menemani perjalanan anda. Di beberapa lokasi juga terdapat beberapa warung yang dapat digunakan sebagai tempat untuk beritirahat sejenak.

curug-cibareubeuy-subang-1
Curug Cibareubeuy

Sebelum mencapai curug Cibareubeuy, pengunjung akan melewati area Jabon. Di area ini telah dibangun saung-saung beratap ijuk yang dapat digunakan untuk beristirahat. Bagi anda yang ingin mencoba sensasi bermalam di hutan, saung – saung ini juga bisa dijadikan tempat bermalam jika anda berkunjung ke curug Cibareubeuy. (baca juga : Menikmati Indahnya Curug Cibareubeuy dan Sensasi Bermalam di Hutan)

Tak jauh dari area Jabon pengunjung akan melalui kampung senyum. Sama halnya dengan area Jabon, kampung senyum sebenarnya hanya berupa saung – saung bambu beratap ijuk yang di buat oleh warga setempat bernama pak Ocid. Dari sini curug Cibareubeuy sudah terlihat. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Alirannya terlihat berkelok mengikuti kontur tebing, membuat curug ini terlihat unik.

cibareubeuy-subang-3
Saung di kampung senyum

Puas menikmati keindahan curug Cibareubeuy dari dekat, pengunjung juga bisa menikmati keindahannya dari kejauhan yaitu dari sebuah menara pandang di atas pohon. Pengunjung bisa berfoto atau berselfie ria dengan latar curug Cibareubeuy dari kejauhan. Kalau berani, di lokasi yang sama pengunjung juga dapat berfoto pada sebuah ayunan yang mungkin menjadi ayunan tertinggi di Subang. (baca juga : Main ke Subang, Jangan Lupa Foto Di Sini, Lagi Ngehits di Instagram)

menara-cibareubeuy-subang
Menara pandang
menara-curug-cibareubeuy-subang-2
Ayunan

Tak jauh dari menara pandang terdapat curug Pandawa. Meskipun tak terlalu besar, curug ini terlihat unik, aliran airnya melewati tebing berundak-undak. Di bawahnya dibuat sebuah taman yang tampak asri. Di area yang sama juga terdapat warung dan saung-saung ijuk yang juga bisa digunakan untuk bermalam.

Lelah berjalan-jalan, pengunjung juga bisa mengisi perut dengan memesan nasi liwet di warung sekitar curug Cibareubeuy maupun curug Pandawa. Meskipun dengan lauk seadanya nasi liwet ini dijamin akan terasa nikmat.

curug-pandawa-subang-3
Saung di area curug Pandawa
curug-pandawa-subang-2
Curug Pandawa

Selain curug pandawa dan curug Cibareubeuy, di desa wisata Cibeusi juga terdapat curug Ciangin. Curug ini memiliki ketinggian 9 meter. Di bawah curugannya membentuk kolam dengan kedalaman 5 meter. Jika tak berani mandi di sana pengunjung bisa bermain air di curug kecil lainnya masih di sekitar curug Ciangin.

curug-ciangin-subang-1
Curug Ciangin

curug-ciangin-subang-2

Hal unik lainnya di desa wisata Cibeusi adalah beras hitam. Sebagian petani di desa Cibeusi menanam padi jenis ini. Di Indonesia hanya beberapa daerah saja yang memiliki beras kaya manfaat ini. Di beberapa daerah beras ini bahkan masih dianggap sakral. Tak hanya di Indonesia, jaman dahulu di Tiongkok beras hitam disebut forbidden rice atau beras terlarang. Hanya kaisar Tiongkok dan kalangan istana saja yang boleh mengkonsumsinya. Di Subang, sebenarnya beras hitam sudah ditanam di kecamatan lain, namun warna hitamnya tak sepekat beras hitam Cibeusi.

Kini beras hitam Cibeusi sudah dijual dalam bentuk kemasan dengan merek beras Menak. beras ini bisa menjadi buah tangan bagi para pengunjung yang berwisata ke desa wisata Cibeusi. (baca juga : Beras Hitam yang Legendaris Tumbuh di Subang Sejak Dahulu)

curug-ciangin-subang-3
Beras hitam Menak

 

Berita Terkait: