Siswi SMPN 1 Subang Raih Medali Perak dalam Lomba Penelitian Nasional

KOTASUBANG.com, Subang – Kabar baik kembali tersiar dari dunia pendidikan Kabupaten Subang. Siswi SMPN 1 Subang atas nama Wima Trihandayani berhasil menyabet medali perak pada penelitian Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Seperti diberitakan sebelumnya sisiwi kelas 9 ini menjadi finalis dengan penelitian yang telah dia lakukan yaitu sebuah alat untuk membersihkan udara. Hasil penelitian yang dia hasilkan adalah boks filter udara pengubah udara kotor menjadi udara bersih. (baca juga : Keren !, Siswi SMPN 1 Subang Jadi Finalis Lomba Penelitian Nasional)

14440661_10210535349689660_7088083248259518321_n

Wima menjelaskan bahwa alat yang dia ciptakan menggunakan bahan yang sederhana yaitu rakitan CPU yang terdiri dari in dan out, boks sampah dan air yang dicampur kapur atau sabun yang tidak mengandung deterjen.

“Asap atau udara yang kotor masuk ke CPU in. Setelah masuk udara akan masuk dan disaring oleh air yang dicampur kapur atau sabun. Kemudian udara yang telah disaring keluar melalui CPU out,” papar siswa yang bercita-cita menjadi ahli gizi ini.

Wima berharap hasil penelitian yang telah ia lakukan bisa terus dikembangkan agar menjadi alat yang lebih canggih dan murah.  Sehingga kehadiran alat ini bisa bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.

Foto oleh Hari Rubiyanto