PLUT KUMKM Subang Terima 2 Unit Komputer dari PT Telkom untuk Kampung UKM Digital

KOTASUBANG.com, Subang – Hasil survei Boston Consulting Group di 11 negara G-20, menunjukkan bahwa dampak dari pemanfaatan internet oleh pelaku UMKM (high-web SME) adalah peningkatan revenue growth 22% lebih besar dibandingkan UMKM yang kurang atau tidak memanfaatkan internet (low or no use of the web). Karenanya, saat ini Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Subang tengah berupaya memperkuat daya saing KUMKM dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Information and Communication Technology (ICT).

Untuk hal ini PLUT KUMKM Subang telah menggandeng PT Telkom Indonesia (Tbk) melalui program Kampung UKM Digital. Kampung UKM Digital adalah Pemanfaatan teknologi Informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di suatu Sentra UKM. Bentuk kerjasama tersebut diwujudkan dengan penyediaan fasilitas berupa perangkat komputer beserta jaringan internet gratis selama satu tahun di setiap Kampung UKM Digital oleh PT Telkom.

Hari ini, Rabu (28/9/2016) bertempat di PLUT KUMKM, jalan KS Tubun No. 40 Subang PT Telkom Indonesia Wilayah Telkom (Witel) Karawang menyerahkan secara simbolis 2 perangkat komputer untuk dapat dipergunakan oleh KUMKM Subang.

plut-subang-witel-karawang

Dalam sambutannya sebelum serah terima komputer, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Drs. Ugit Sugiana, M.Si mengatakan pengembangan IT bagi UMKM akan meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar global.

“Karenanya saya ucapkan terimakasih kepada PT Telkom Indonesia khususnya Witel Karawang dan Kandatel Subang atas bantuan 2 unit komputer kepada pihak PLUT KUMKM Subang,” ujarnya.

Sementara itu General Manager Wilayah Telkom (Witel) Karawang Ferry Zuljanna mengungkapkan bahwa 2 unit komputer ini merupakan tahap awal bagi Boardband Learning Center (BLC) atau pusat pelatihan ICT bagi UMKM.

“Mudah-mudahan berkelanjutan, seperti yang diharapkan rekan-rekan pendamping UMKM yang ingin membangun BLC di PLUT,” ungkapnya.

Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Subang , Krisdian menambahkan di dalam komputer yang dihibahkan tersebut sudah terinstal aplikasi Perpustakaan Digital (PADI) yang muat ribuan e-book yang bisa menambah pengetahuan bagi UMKM.