Keren !, Siswa SMPN 1 Subang Ini Jadi Finalis Lomba Penelitian Siswa Nasional

KOTASUBANG.com, Subang – Mendapatkan udara bersih dan sehat pada saat ini sangat sulit. Hampir dari seluruh kegiatan manusia menghasilkan polusi udara. Demikian disampaikan Wima Trihandayani salah satu finalis Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa pada Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) SMP tingkat nasional saat ditemui di hotel Hariston, Senin (26/9).

Menurut siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Subang, polusi udara merupakan permasalahan yang serius bagi kesehatan. Maka itu perlu ada penelitian untuk menemukan jalan keluarnya. Penelitian yang telah dia lakukan menghasilkan sebuah alat untuk membersihkan udara. Hasil penelitian yang dia hasilkan adalah boks filter udara pengubah udara kotor menjadi udara bersih.

“Saya pernah sesak napas karena sering menghirup udara kotor. Atas dasar inilah saya ingin menemukan sebuah alat yang bisa bermanfaat bagi yang lain,” jelas perempuan yang memiliki hobi bernyanyi ini.

Lebih lanjut Wima menjelaskan bahwa alat yang dia ciptakan menggunakan bahan yang sederhana yaitu rakitan CPU yang terdiri dari in dan out, boks sampah dan air yang dicampur kapur atau sabun yang tidak mengandung deterjen.

“Asap atau udara yang kotor masuk ke CPU in. Setelah masuk udara akan masuk dan disaring oleh air yang dicampur kapur atau sabun. Kemudian udara yang telah disaring keluar melalui CPU out,” papar siswa yang bercita-cita menjadi ahli gizi ini.

Wima berharap hasil penelitian yang telah ia lakukan bisa terus dikembangkan agar menjadi alat yang lebih canggih dan murah.  Sehingga kehadiran alat ini bisa bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.

“Semoga masyarakat bisa menghirup udara yang bersih. Sehingga mereka bisa hidup dengan sehat,” harapnya. (kemdikbud)

Berita Terkait: