Responsif Gender, KPP Pratama Subang Wakili DJP Lomba Tingkat Nasional

KOTASUBANG.com, Subang –  Dinilai sebagai kantor terbaik dalam hal responsif gender di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Subang ditunjuk mewakili DJP untuk mengikuti lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Keuangan. Menurut Kepala KPP Pratama Subang Pudi Riana dipilihnya KPP Pratama Subang bermula dari penilaian DJP pada pemilihan kantor percontohan pelayanan pajak terbaik beberapa waktu lalu.

“Tahun lalu ada pemilihan kantor percontohan pelayanan dilingkungan DJP, dan kami masuk 10 besar percontohan pelayanan.  Dan berdasarkan penilaian, diantara 10 besar itu kantor ini lah yang memiliki sarana prasarana yang sangat mendukung konsep responsif gender jika dibandingkan dengan KPP lainnya,” jelasnya.

Menurut Pudi, implementasi PUG di KPP Pratama bukan hanya dalam bentuk sarana dan prasarana yang responsif gender tetapi juga dalam hal kebijakan. Untuk sarana dan prasarana KPP Pratama diantaranya telah menyediakan ruang laktasi untuk wajib pajak maupun karyawati, toilet difabel, ruang tunggu lansia, playground dan parkir prioritas untuk lansia dan wanita.

“Sedangkan dalam hal kebijakan, saya menempatkan karyawati semaksimal mungkin dengan jumlah yang ada sesuai dengan core bisnisnya pelayanan kantor pajak ini, misalkan pada fungsi pengawasan kita tempatkan karyawati di sana, untuk pelayanan juga kami tempatkan karyawati di front line, ada pula karyawati di fungsi penyuluhan, contoh kebijakannya seperti itu,” jelasnya.

ruang-laktasi-subang

Selain itu masih menurutnya, karyawan KPP Pratama juga diperbolehkan melakukan kegiatan olahraga di kantor diluar jam kerja, seperti bulutangkis, panahan, atau tenis meja bagi karyawan dan disediakan pula trainer body combat bagi karyawati KPP Pratama.

Hari ini, Rabu (21/9/2016) tim penilai lomba PUG yang terdiri dari praktisi pemerhati implemetasi gender dan pejabat kementerian keuangan meninjau langsung pelaksanaan PUG di lingkungan KPP Pratama Subang.

“Apa yang sudah ditampilkan di Subang sudah membuat kami senang, implementasinya sudah sangat baik. Satu lagi kelebihan dari KPP Pratama Subang adalah dirangkulnya stakeholder eksternal, ini sangat baik karena implementasi PUG tak bisa sendiri,” ungkap Yulfita Raharjo salah seorang tim penilai lomba PUG.

Kepala kantor wilayah DJP II Jabar, Adjat Djatnika berharap KPP Pratama Subang bisa menjadi pemenang dalam lomba PUG ini. Dirinya juga kagum, meskipun kantor KPP Pratama Subang baru 3 tahun sudah dilengkapi fasilitas yang memperhatikan kesetaraan gender.

 “Mudah-mudahan bisa menular ke KPP lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Pudi Riana juga mengungkapkan, menjadi juara atau tidak pada lomba PUG kali ini, ke depan dirinya akan terus mengembangkan PUG di KPP Pratama Subang.

“Kita tak berhenti di sini, menjawab kebutuhan gender itu tak sebatas me-manitenance ruang laktasi atau ruang tunggu lansia dan sebagainya, tapi kita kita juga harus menjawab kebutuhan lainnya seperti adanya day care atau penitipan anak, jadi konsep responsif gender ini akan kita kembangkan terus,” jelasnya.

Dirinya juga berharap instansi pemerintah, sektor swasta, pabrik-pabrik yang banyak mempekerjakan kaum wanita di Subang harusnya memiliki sarana dan prasarana serta kebijakan yang responsif gender.

 

Berita Terkait: