Ikan Etong Bakar, Satu Lagi Kuliner Khas Subang

ikan_etong_bakar_by_diowijayanto-d4doqrbIkan laut etong, awalnya dipandang sebelah mata oleh para nelayan karena dianggap kurang enak dikonsumsi. Namun dengan sedikit kreatifitas, kini ikan etong yang memiliki kulit luar kasar tersebut, telah menjadi menu spesial, dengan rasa khasnya yang menyerupai ayam tanpa duri.

Ikan etong bakar tersebut dengan mudah bisa dijumpai di wilayah Kota Subang, Jawa Barat. Meskipun di daerah lain menu ikan ini dapat ditemui, namun karena mudah ditemui di wilayah Subang dan dengan kekhasannya tersendiri maka beberapa tahun belakangan ini orangĀ  mengenal etong bakar menjadi kuliner khas Kabupaten Subang.

Sepintas tidak ada yang istimewa dengan bentuk ikan laut yang disebut dengan ikan etong ini. Kulit luarnya yang kasar membuat ikan ini kurang meyakinkan untuk dimakan, namun ternyata ikan etong mempunyai rasa yang khas bila dibakar.

Proses pengolahan ikan bakar etong relatif mudah. Ikan Etong segar diambil kulit luarnya yang kasar hingga menyisakan daging yang empuk. Untuk menghilangkan rasa amis, ikan dibilas hingga tiga kali dan terakhir direndam di air kunyit. Setelah itu ikan langsung dibakar. Dalam proses pembakaran tersebut ikan dioles dengan bumbu penyedap.

Agar menghasilkan daging yang empuk, ikan dibakar diatas bara dari batok kelapa. Setelah matang ikan etong bakar disantap dengan sambal pedas yang menambah selera.

Menurut pembeli, rasa ikan etong bakar yang khas ini membuatnya selalu ketagihan ini karena terasa empuk dan gurih, dan tidak terasa bau amis seperti ikan laut lainnya.

Kelebihan dari ikan etong bakar ini, selain rasanya yang empuk ikan laut ini tidak memberikan efek bagi yang mempunyai alergi terhadap ikan laut.

Jika anda merasa penggemar makanan ikan laut, tidak ada salahnya datang dan mencoba ikan bakar etong di Warung Makan Badru Di Kawasan Jalan Eyang Dongdo depan SMP Negeri Satu, Kabupaten Subang. Bagi anda yang sedang melewati wilayah Pantura Subang, Ikan etong jua menjadi menu andalan di Rumah makan sekitar pantura Subang.

Hanya dengan merogoh kocek dua puluh lima ribu hingga Empat Puluh Ribu Rupiah, satu ikan bakar etong beserta lalapannya sudah bisa Anda nikmati.(86)