Sinergi PLUT, BPPD dan PHRI Untuk Kemajuan UMKM dan Pariwisata Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Jika pariwisata di suatu daerah maju maka UMKM di daerah tersebut juga seharusnya turut berkembang, karena produk UMKM suatu daerah dengan kekhasannya merupakan bagian dari pariwisata itu sendiri. Namun tentu saja untuk pengembangan UMKM di daerah wisata tersebut juga dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak.

Karenanya, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Subang bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) telah menyatakan siap bersinergi untuk pengembangan UMKM dan pariwisata Subang. Sinergi ketiga pihak ini diawali dengan kunjungan pengurus BPPD dan PHRI ke gedung PLUT KUMKM, jalan KS Tubun No. 40 Subang kemarin (2/9/2016).

Dalam kunjungan tersebut semua pihak sepakat akan bersama-sama mendorong produk-produk asli Subang untuk menjadi buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Subang.

“Sangat disayangkan ketika wisatawan berkunjung ke Subang oleh-oleh yang dibelinya malah produk luar Subang karena kios oleh-olehnya dibanjiri produk daerah lain,” ujar Ketua PHRI, Hj. Ratna Bambang.

“Nanti kami himbau kembali para anggota PHRI untuk menyediakan space khusus di hotel atau restoran untuk menjual produk Subang, sekarang kan sudah ada PLUT jadi lebih mudah mengkoordinir produk-produk Subang, kalau dulu terus terang kami kesulitan,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan ketua BPPD Kabupaten Subang H. Mochamad Nuzul, dirinya juga berharap produk-produk unggulan Kabupaten Subang tersedia di tempat-tempat wisata utama Kabupaten Subang.

PLUT KUMKM Subang sendiri juga telah memiliki galeri yang memajang berbagai produk Kabupaten Subang selain itu di depan gedungnya juga terdapat beberapa outlet yang nantinya akan menjual oleh-oleh khas Subang mulai dari makanan, kerajinan hingga fashion.

Berita Terkait: