Subang Kota Teknologi ??

KOTASUBANG.com, Subang – Potensi kekayaan Subang ini didukung oleh berbagai lembaga penelitian dan teknologi yang dibangun di Subang. Di pusat kota Subang terdapat Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesaia (Pusbang TTG LIPI). Banyak daerah di Indonesia yang telah bekerjasama untuk diseminsi hasil penelitian Pusbang TTG LIPI di daerahnya.

Khusus di bidang pengembangan pertanian di Subang juga terdapat beberapa lembanga penelitian diantaranya Balai Penelitian Pemuliaan Ikan  (BPPI), Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBP Padi), Sanghyang Seri di Sukamandi dan Balai Veteriner (B-Vet) di  Dangdeur. Sumber Daya Manusia di bidang teknologi untuk pengembangan pertanian dan industri di Subang juga tengah disiapkan melalui Politeknik Negeri Subang yang baru berdiri.

Rencana pembangunan Len Technopark Subang (Foto PT Len Industri)

Rencana pembangunan Len Technopark Subang (sumber : len.co.id)

Sementara itu saat ini perusahaan BUMN, PT Len Industri tengah dalam tahap pengembangan Len Technopark  di Cibogo. Nantinya Len Technopark ini selain menghsilkan produk elektronika pertahanan, yakni Rudal Startreak, tempat ini diproyeksikan menjadi tempat wisata teknologi serta basis dari klub inovasi yang dapat diikuti baik karyawan Len maupun masyarakat umum. Diharapkan dengan dibukanya akses terhadap fasilitas teknologi yang ada di Len Technopark akan dapat mengkaselerasi dikembangkannya teknologi-teknologi yang tepat guna bagi Industri di Indonesia.

Bedekatan dengan Len Technopark telah lebih dulu berdiri PT Dahana, yaitu perusahaan BUMN yang memiliki fasilitas pengembangan dan produksi bahan peledak modern dan terbesar di Asia Tenggara atau ASEAN.