Subang Kota Budaya ?

KOTASUBANG.com, Subang – Siapa yang tak mengenal Sisingaan ? kesenian khas hasil karya cipta masyarakat Subang ini bahkan sering mewakili Indonesia dalam pergelaran budaya di mancanegara. Kesenian yang konon menjadi simbol perjuangan masyarakat Subang melawan penjajah ini kini sudah menyebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Ada pula Toleat, alat musik tiup hasil kreatifitas mang Parman anak gembala dari pantura Subang ini, menjadi sumbangan berharga bagi dunia musik Jawa Barat. Genjring bonyok, Tardug, Doger kontrak, Tari topeng menor merupakan contoh lain kesenian hasil karya kreativitas masyarakat Subang.

Tepak kendang, tiup tarompet maupun ibing Subang memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan daerah lainnya. Budaya Subang juga sangat unik, perpaduan budaya suku jawa pantura dan sunda menjadikan seni budaya Subang kaya. Karenanya banyak seniman daerah lain mendalami ilmunya di Subang untuk kemudian dikembangkan di daerahnya.

subang blanakan

Ruwat laut Blanakan

Upacara-upacara adat yang khas digelar setiap tahun. Di pantura Subang upacara ruwat laut diadakan dibeberapa lokasi, yang terbesar biasanya diadakan di muara Blanakan. Di Subang bagian tengah dan selatan upacara adat ruwatan bumi di gelar di banyak desa, diantaranya ruwatan bumi kampung adat Banceuy yang digelar menyambut tahun baru Islam.

Selain mang Parman ada pula tokoh-tokoh seniman Subang yang sohor dengan karya-karyanya, sebut saja Titim Fatimah dan Cicih Cangkurileung pesinden yang namanya sohor di tatar pasundan. Ada pula Sambas Mangkudibrata mantan penyiar RRI sekaligus seniman pencipta lagu Manuk Dadali yang populer diseantero negeri. (baca juga : Subang Punya Apa?)