Paguyuban Pasundan Subang Prakarsai Kembali Festival Titim Fatimah

KOTASUBANG.com, Subang -Festival sinden Titim Fatimah kembali digelar hari ini Minggu, 17 Juli 2016 hingga 20 Juli mendatang di Wisma Karya, Subang. Acara ini diselenggarakan oleh Paguyuban Pasundan cabang Subang dalam rangka memperingati hari jadi Paguyuban Pasundan yang ke-103.

“Selain festival Titim Fatimah tingkat Nasional, dalam rangkaian acara yang sama digelar pula Karawitan Innovation Festival dan Pameran Museum Nasional di lokasi yang sama,” ungkap ketua Paguyuban Pasundan Cabang Subang sekaligus ketua panitia Ir. H. Agustias Amin dalam laporannya.

festival titim fatimah 4
Ir. H. Agustias Amin, Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Subang
festival titim fatimah 6
Dr. Yayat Hendayana, S.S., M.Hum (Departemen Budaya Paguyuban Pasundan)
festival titim fatimah 7
H. Hidayat, Kadisbudparpora Kabupaten Subang

Agustias menjelaskan peserta yang mengikuti festival sinden sebanyak 9 orang, festival karawitan 6 tim dan pameran museum diikuti oleh 5 museum terdiri dari UPTD Museum Daerah Subang, museum Sri Baduga, museum pendidikan UPI, museum KAA dan museum Pleret Yogyakarta.

Ir Agustias Amin mengatakan ke depan pihaknya akan mengupayakan penyelenggaraan festival sinden Titim Fatimah  setidaknya 2 tahun sekali.

Mewakili Paguyuban Pasundan Pusat Dr. Yayat Hendayana, S.S., M.Hum (Departemen Budaya Paguyuban Pasundan) menyambut baik pelaksanaan festival Titim Fatimah.

festival titim fatimah 2 festival titim fatimah

“Sudah lama sekali festival ini tidak digelar. Terakhir kali seingat saya festival ini diadakan tahun 2004 lalu. Padahal Titim Fatimah adalah kekayaan Subang, karenanya warga Subang harus bangga dan nama besarnya harus dipelihara,” ujarnya.

Dirinya berharap festival ini terus digelar. Selain melalui festival, menurutnya nama besar Titim juga dapat dilakukan misalnya dengan diabadikan menjadi nama jalan atau dibuatkan patungnya.

Sementara itu Kadisbudparpora Kabupaten Subang H. Hidayat, sangat mengapresiasi digelarnya acara festival sinden Titim Fatimah atas prakarsa Paguyuban Pasundan ini.

festival titim fatimah 3 festival titim fatimah 5

“Pemkab sangat mendukung kegiatan Paguyuban Pasundan sebagai mitra pemerintah. Kita kenalkan kepada anak-anak kita berbagai kekayaan seni budaya Subang,” ujarnya.

Sebagai informasi, Titim Fatimah adalah maestro sinden Subang yang namanya terkenal bukan hanya di Jawa Barat tetapi juga di Indonesia pada tahun 60-an. Konon ketika Titim Fatimah mulai membawakan sebuah tembang, semua penonton seakan terhipnotis menyimak suara merdunya dan biasanya selalu diakhiri dengan riuh tepuk tangan penonton. Begitu menjadi primadonanya Titim saat itu, bahkan para penggemarnya berani memberi saweran bukan hanya uang tetapi juga ada yang berani memberi mobil hingga rumah miliknya demi Titim.

Kisah mengenai Titim Fatimah selengkapnya klik >> disini.

Berita Terkait: