Wow !!, Setiap Tahun Jutaan Wisatawan Kunjungi Subang, Termasuk Tertinggi di Jawa Barat

KOTASUBANG.com, Subang – Tiga zona utama yang dimiliki Subang yaitu pegunungan, pedataran dan perbukitan serta  pantai membuat Subang memiliki destinasi wisata yang beragam yang tersebar di ke-tiga zona tersebut. Di Subang selatan yang berupa pegunungan, siapa yang tak mengenal Tangkuban Parahu dan Ciater dengan pemandian air panasnya. Belasan air terjun yang terdapat di perbukitan Serang Panjang hingga Tanjungsiang menyajikan keindahan dan kesejukkan bagi siapapun yang mengunjunginya. Di Subang tengah beberapa wisata minat khusus seperti wisata sejarah, wisata air, wisata religi hingga pemancingan lengkap tersedia.  Sementara itu dibagian utara Subang terdapat beberapa pantai yang biasa dikunjungi yaitu Pondok Bali, Cirewang dan Patimban. Ada pula atraksi buaya raksasa di penangkaran buaya Blanakan.

Dalam publikasi Jabar in Figures yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2008 tercatat ada 56 potensi obyek dan daya tarik wisata di Kabupaten Subang terdiri dari 27 obyek wisata alam, 9 wisata budaya dan 20 obyek wisata minat khusus. Jumlah ini pada saat itu adalah yang terbanyak di Jawa Barat. Namun pada tahun 2009 jumlah tersebut dikoreksi hanya menjadi 36 obyek saja.

Dari puluhan obyek wisata yang ada di Subang tersebut, ternyata Subang memegang peran penting dalam hal jumlah kunjungan wisata ke Jawa Barat. Berdasarkan data dalam Jabar in Figures jutaan wisatawan mengunjungi obyek wisata Subang setiap tahunnya, bahkan beberapa kali Subang menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan daerah lainnya. Tahun 2007 dan 2009 tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Subang berturut-turut 4.98 juta dan 5.5 juta orang. Jumlah ini berturut-turut merupakan yang tertinggi di Jawa Barat.

Dari jutaan wisatawan tersebut puluhan ribu, bahkan ratusan ribu diantaranya adalah wisatawan asing. Berdasarkan data 2007 – 2012 jumlah kunjungan turis asing ke Subang selalu menempati 3 besar se-Jawa Barat. Bahkan menurut data tersebut pada tahun 2012  jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Subang tercatat 170 ribu orang, jumlah ini merupakan yang tertinggi di Jawa Barat pada tahun tersebut.

Namun sayang, berdasarkan data dalam Jabar in Figures tersebut jumlah total wisatawan yang masuk ke obyek wisata di Subang tersebut menurun drastis pada tahun 2011-2012 menjadi hanya sekitar 3 juta pengunjung saja sementara daerah lain mengalami peningkatan, padahal semakin tinggi jumlah kunjungan wisata tentunya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Subang.

Adanya tol Cipali yang dibuka sejak 2015 lalu diharapkan akan meningkatkan kembali angka kunjungan wisata ke Subang yang akan berdampak pada peningkatan PAD Kabupaten Subang.