Enam Pasangan Cabup/Cawabup Resmi Bertarung di Pilkada Subang, Jawa Barat

subang pilbupEnam bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang dinyatakan lolos baik secara dukungan maupun administrasi persyaratan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati untuk bersaing pada Pilbup Subang 2013. Pengumuman dilakukan di Aula KPU Kabupaten Subang, Selasa (23/7), dan dihadiri semua tim sukses masing-masing calon.

Pokja Pencalonan KPU Kabupaten Subang, Rokib Elfarid mengatakan, dari enam Cabup/Cawabup Subang yang lolos tersebut, dua diantaranya dari jalur perseorangan. Keduanya lolos baik secara dukungan minimal 3% dari jumlah penduduk atau 50.349 dukungan maupun dukungan persyaratan.

“Pasangan Atin Supriatin-Ambu Nina menyerahkan dukungan sebanyak 64.267 atau melebihi ketentuan yang ditetapkan KPU. Begitupun, pasangan calon M Riza Hanafi-Ahmad Kosasih yang menyertakan jumlah dukungan sebanyak 56.699 orang,” ujar Rokib, Selasa (23/7)

Pasangan cabup/cawabup dari jalur partai yang lolos dengan syarat minimal dukungan delapan kursi di DPRD diantaranya, Agus Masykur-Asep Rohman Dimiyati (PKS 7 kursi dan PAN 3 Kursi), pasangan Ojang Sohandi-Imas Arumningsih (PDIP 14 kursi dan Golkar 6 kursi), Ahmad Juanda-Ade Suhaya (Demokrat 9 kursi) dan Mamur Sutisna-Asep Muslihat yang di usung Partai Hanura dan 14 Partai non-parlemen.

“Untuk pasangan Mamur Sutisna-Asep Muslihat, awalnya mendapat dukungan dari 15 partai non-parlemen. Karena satu partai non-parlemen tidak memenuhi dukungan, maka menjadi 14 partai. Dengan jumlah suara pemilih sah pada tahun 2008 sebanyak 123.926, maka Mamur Sutisna-Asep Mulihat dinyatakan lolos,” terangnya.

Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kabupaten Subang, Maman Suparman menambahkan, untuk penetapan cabup/cawabup akan dilakukan KPU pada 24 Juli 2013. “Untuk pengundian nomor urut, akan dilakukan di alun-alun Subang pada 25 Juli 2013,” tambah Maman. (Inilah)

Berikut Tahapan Pilbup Subang