Waah ! Ternyata Subang Punya Beberapa Tempat Pemandian Air Panas Alam

KOTASUBANG.com, Subang – Siapa tak mengenal Ciater, salah satu kecamatan paling selatan Kabupaten Subang dikenal karena memiliki potensi wisata yang luar biasa. Pemadangan alam yang indah dan suasana yang sejuk menarik siapapun untuk berkunjung ke sana. Dan yang paling terkenal tentu saja pemandian air panas alaminya. Pengunjung dari berbagai pelosok Indonesia dan mancanegara berbondong-bondong datang untuk menikmati sensasi berendam di air panas alami dalam suasana pegunungan yang sejuk.

Namun tahukah anda di mana saja kita bisa menikmati sensasi air panas alami tersebut?

1. SARI ATER SPA SPRING RESORT

Lokasi wisata ini adalah yang paling terkenal di Ciater, selain destinasi wisata utama Kabupaten Subang, lokasi wisata ini merupakan destinasi wisata unggulan Jawa Barat. Sari Ater merupakan lokasi wisata pemandian air panas alam yang pertama dikelola di Subang, tak heran di usianya yang sudah puluhan tahun, lokasi wisata ini kini memiliki fasilitas yang lengkap dengan menawarkan konsep One Stop Adventure. Berbagai wahana petualangan yang ada di Sari Ater diantaranya paint ball, go kart, offroad, berkuda, flying fox dan berbagai fasilitas petualangan lainnya. Sariater juga menawarkan fasilitas penginapan yang lengkap, mulai dari camping park hingga hotel mewah.

13227848_827389350701034_7307608166501700067_o
Kolam alami dengan air panas yang jernih di Sari Ater

 

2. CIATER SPA

Terletak di sebelah utara Sari Ater, lokasi wisata ini merupakan “adik kandung” dari Sari Ater. Bedanya, selain memiliki kolam rendam untuk umum, Ciater Spa juga memiliki fasilitas unggulan lainnya yaitu fasilitas terapi terpadu kesehatan dan kecantikan¬† menggunakan air panas alami.

Selain itu Ciater Spa juga memiliki wahana favorit pengunjung yaitu arung jeram. Para pengunjung akan diajak menguji adrenalin mengarungi jeram di sungai berair hangat. Namun bagi anda yang penakut tak perlu khawatir karena sungai yang diarungi bukan lah sungai besar, sehingga aman dijajal semua kalangan.

13116279_827388444034458_5959221547263246_o
Kolam air panas Kiara di Ciater Spa

3. GRACIA SPA

Letak pemandian air panas ini berada di paling selatan dibandingkan dengan pemandian air panas sebelumnya. Untuk menuju ke lokasi wisata ini ada akan melewati jalan kampung sekira 1.5 km. Sebelumya plang bertuliskan Gracia di jalan Raya Subang – Bandung akan mengarahkan pengunjung ke lokasi.

Gracia Spa terkesan lebih “private” jika dibandingkan dengan pemandian air panas alami lainnya. Rimbunan pohon yang menghijau mengelilingi 3 buah kolam pemandian air panas berukuran besar. Terkesan sangat asri dan tersembunyi. Sementara itu di bagian lain terdapat kolam rendam kecil yang dbuat khusus untuk anak-anak.

Selain memiliki beberapa kolam rendam, Gracia spa juga dilengkapi dengan fasilitas restauran dan villa-vila yang siap memanjakan pengunjung.

13227664_827414390698530_7139843720827020935_o
Pemandian air panas alam Gracia Spa terkesan “private” di kelilingi pohon-pohon hijau yang asri

4. BATU KAPUR

Selain di daerah Ciater, masih terdapat pemandian air panas alami lainnya yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Batu Kapur yang berada di daerah Sagalaherang. Tahun 90-an ketika pertama kali dibuka untuk umum lokasi wisata ini cukup ramai dikunjungi. Selain terdapat kolam rendam air panas di Batu kapur juga terdapat sebuah curug yang bisa dikunjungi. Selain itu para pengunjung juga bisa bermain-main air di aliran sungai yang melewati lokasi wisata ini. Namun sayang akses jalan yang rusak parah membuat lokasi wisata ini perlahan dilupakan. Menuju lokasi wisata ini pengunjung bisa melalui jalan desa Dawuan, Warung Kadu Subang atau Mande Sagalaherang.

Selain ke empat lokasi di atas sebenarnya masih ada sumber-sumber air panas alami di Subang, namun hingga saat ini belum dikembangkan menjadi tempat wisata.

 

Berita Terkait: