Subang Produsen Utama Beras Ketan Nasional dengan Kualitas Terbaik

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang memiliki lahan sawah 84.570 hektar (2014), yang merupakan ke-3 terluas di Jawa Barat menjadikannya lumbung padi Jawa Barat dan Nasional. Dari luas tersebut, ternyata rata-rata sekitar 7-8 ribu hektar diantaranya ditanami beras ketan┬ádengan produksi rata-rata 7-8 ton per hektarenya. Kecamatan yang paling luas menanam beras ketan yaitu Binong dan Tambak Dahan, disusul Pusakanagara, Pusakajaya, Ciasem, dan Pamanukan.

Hal ini menjadikan Subang sebagai penghasil beras ketan utama di Indonesia. Selain itu beras ketan Subang juga dikenal memiliki kualitas yang baik. Karenanya, Subang sering dijadikan tempat study banding para petani dari daerah lain. Januari lalu misalnya, para petani asal Kabupaten Malino melakukan study banding tentang beras ketan ke Desa Citrajaya, Binong.

Kualitas yang baik dari beras ketan Subang diakui oleh para produsen makanan. Hal ini diungkapkan produsen makanan dalam sebuah pertemuan UKM di Bandung beberapa waktu lalu.

“Beras ketan paling banyak diproduksi di Subang dan Lumajang. Dan beras ketan Subang merupakan yang terbaik kualitasnya. Namun sayang beras ketan Subang sulit ditemui dipasaran karena lebih banyak diekspor,” keluhnya.

Sekedar informasi beras ketan (oryza sativa glutinosa) mengandung antioksidan yang dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Pangan tradisonal dari beras ketan antara lain opak, rangginang, lemper, bubur ketan hitam, dodol, , brem, tape, lupis dan lain-lain.