Akhirnya Buruh dan Pengusaha PT Seok Hwa Sepakati Hal Berikut

KOTASUBANG.com, Cipeundeuy – Nasib buruh PT Seok Hwa Indonesia, Cipeundeuy akhirnya menemui titik terang. Setelah negosiasi alot dari pagi hingga sore hari antara pihak perusahaan dengan perwakilan buruh dalam hal ini PUK SPAI FSPMI akhirnya diperoleh beberapa kesepakatan. Dalam negosiasi tersebut pihak perusahaan akhirnya bersedia membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR)  100% untuk seluruh karyawan pada tanggal 1 Juli mendatang. Sedangkan untuk upah akan dibayarkan dengan cara dicicil beberapa bulan ke depan.

Berikut hasil kesepakatan kedua belah pihak ;

  1. Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 100 % untuk seluruh tenaga kerja dan akan dibayarkan tanggal 1 Juli 2016 dan untuk pekerja harian lepas, THR akan dibayarkan secara cash
  2. Gaji bulan Juni akan dibayarkan tanggal 30 Juli 50% dan tanggal 22 Agustus atau paling lambat tanggal 30 Agustus 50%.
  3. Gaji bulan Juli akan dibayarkan 30 Agustus 50%, untuk sisanya sebesar 50% akan dibayar dicicil sebesar 10% setiap tanggal 5 setiap bulannya mulai bulan September s/d Januari 2017.
  4. Gaji bulan selanjutnya  yaitu bulan Agustus dan seterusnya akan dibayarkan seperti biasa pada tanggal 5 dengan jumlah 100% upah setiap bulannya.
  5. Tenaga kerja agar bekerja seperti biasa sehingga perusahaan bisa kembali berproduksi dan mampu memenuhi kewajibannya.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh presiden direktur PT Seok Hwa Indonesia Kim Min Ho dan Ketua PUK SPAI FSPMI PT Seok Hwa Indonesia, Sukiman. Sebagai saksi pada kesepakatan tersebut Kadisnaker Subang, Sekretaris Disnaker Subang, Pengawas Ketenagakerjaan Subang, Sekretaris DPC SBSI dan Ketua KC FSPMI Kab. Subang.

Menurut Ketua KC FSPMI Kab. Subang, Wira, jika saja pinjaman perusahaan kepada pihak Bank Hana bisa segera direalisasikan, berdasarkan kesepakatan maka upah pekerja juga akan dibayar semua, tidak dicicil lagi. Namun sementara menunggu proses pencairan dana tersebut, upah pekerja dibayar dengan cara dicicil.

Selanjutnya menurut Wira, kini tinggal memantau komitmen yang sudah disepakati  agar benar-benar dilaksanakan oleh pihak perusahaan.

Sekedar informasi, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya ratusan buruh PT Seok Hwa Indonesia ini berunjukrasa setelah ada pengumuman tertanggal 20 Juni 2016 dari pihak perusahaan yang menyatakan tak akan membayarkan hak THR dan tak akan membayarkan full upah mereka. Sejak saat itu ratusan buruh telah melakukan berbagai aksi untuk menuntut hak upah dan THR mereka, mulai berdemo di depan pabrik, demo di depan kantor Pemkab sampai malam hari hingga demo menginap di depan pabrik. Hari ini dengan waktu yang semakin mendesak akhirnya para buruh rela menyepakati hasil negosiasi. (baca juga : Miris, Hak THR Ratusan Buruh Satu Pabrik di Subang Tak Diberikan)

Berita Terkait: