Ada Alquran Kuno Dari Kulit Binatang di Museum Subang, Jawa Barat

 

Alquran Kuno di Museum Subang
Alquran Kuno di Museum Subang

Alquran berusia ratusan tahun yang dibuat dari kulit dengan tulisan tangan menjadi saksi bisu penyebaran Islam di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sayang, tulisan ayat di dalamnya sudah memudar dan lembaran-lembarannya sobek. Kini, Alquran tua itu tersimpan di Museum Wisma Karya, Subang.

Lembaran Alquran yang dibuat dari kulit binatang tersebut tampak kusam. Tulisan di beberapa bagian tidak bisa terbaca lagi. Lembaran Alquran itu juga sudah tidak memiliki sampul.

Ahmad Soleh, pengelola museum, Senin (15/7/2013), menjelaskan, Alquran tua tersebut diperkirakan dibuat pada abad XVI, yakni saat Kerajaan Mataram menduduki wilayah Subang atau sebelum penyerangan ke Batavia.

Alquran tersebut ditemukan di Kecamatan Cipunagara. Tinta untuk menulis ayat Alquran dibuat dari getah pohon yang diawetkan dengan minyak setelah dibungkus kain. Namun, susunan surah pada Alquran itu tidak sama dengan mushaf lainnya yang dimulai dari Alfatihah dan diakhiri dengan surah Annas.

Meski tidak ada catatan pasti mengenai siapa pembuat dan makna susunan surah-surah dalam Alquran tersebut, diduga sejumlah surah tersebut rutin dibaca untuk acara tertentu.

Alquran tersebut menjadi salah satu koleksi museum milik Pemerintah Kabupaten Subang yang ditempatkan bersama benda-benda peninggalan Kerajaan Mataram lainnya. (Sindo)

 

 

Berita Terkait: