Wow !!, Siswa SMPN 1 Subang Jadi Finalis Kompetisi Ilmiah Nasional Berkat Apel

KOTASUBANG.com, Subang – Prestasi membanggakan ditorehkan Siswa SMPN 1 Subang atas nama Azy Ilham Sudibyo dan Tio Pidie Lesmana. Kedua siswa tersebut berhasil masuk menjadi finalis National Young Inventors Award (NYIA), yaitu kompetisi ilmiah bagi remaja dalam melakukan inovasi yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mereka akan bersaing dengan 28 peserta lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Invensi yang mereka ciptakan adalah APEL atau Alat pencuci piring portable. Dalam keterangan di laman resmi Facebook Kompetisi LIPI dijelaskan bentuk alat ini seperti ember pada umumnya namun dapat mencuci piring dengan kekuatan putaran air. Alat ini membantu mencuci piring dengan efektif dan cepat, dapat menghemat air dan juga sabun, aman bagi masyarakat yang memiliki alergi terhadap sabun detergen, menghemat waktu mencuci piring dan juga mudah dibawa khususnya oleh pedagang keliling.

Menurut Azy temuannya ini terinspitasi saat dirinya diminta mencuci piring oleh orangtuanya. Ketika itu dirinya malah memasukkan semua piring kotor ke dalam ember yang berisi air yang ditambahkan sabun pencuci piring. Kemudian ia memutar-mutarnya, tak disangka ternyata piring-piring kotor tersebut malah menjadi bersih. Dari sanalah dirinya kemudian terinspirasi untuk membuat alat sederhana pencuci piring portable bersama rekannya Tio Pidie Lesmana. Alat sederhana ciptaan mereka kemudian diikutsertakan dalam lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten Subang dan berhasil menyabet juara ke-tiga, dan kini bersama APEL mereka menjadi finalis National Young Inventors Award (NYIA).

Fera Maulida selaku pembimbing kedua siswa ini mengaku sangat bangga dengan hasil karya anak didiknya tersebut.

“Saya sangat mendukung sekali, mereka ini punya pemikiran out of the box. Mereka jadi motivasi untuk adik-adik kelasnya yang lain untuk juga bisa menemukan suatu alat,” katanya kepada Metro TV beberapa waktu lalu.

Best 3 Inventions dalam kompetisi ini akan menjadi delegasi Indonesia pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2016 Harbin, China Juli mendatang.

Warga Subang juga bisa langsung mendukung perjuangan Azy dan Tio dengan memberikan tanda SUKA dan membagikan fotonya di link berikut >> Dukung Azy dan Tio.

 

Berita Terkait: