Ridwan Kamil dan Warga Kota Bandung Kumpulkan Ratusan Juta Rupiah Untuk Banjir Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Dana bantuan ratusan juta rupiah berhasil dikumpulkan warga kota Bandung yang akan ditujukan untuk penanganan pasca bencana bagi korban banjir bandang desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Subang. Dana yang dikumpulkan sejak 3 juni lalu tersebut dikoordinir oleh Karang Taruna kota Bandung atas madat sang Walikota Ridwan Kamil.

Hari ini, Senin (13/6/2016) dana yang terkumpul sudah berjumlah Rp. 337 juta belum termasuk barang bantuan lainnya seperti tertulis pada akun pribadi Ridwan Kamil, senin sore.

Hatur Nuhun untuk seluruh warga Bandung nu karasep gareulis balageur yang udunan membantu korban Banjir Bandang di Subang,” tulisnya. 

Total dana terkumpul Rp 337 juta dan barang2 lainnya. Bantuan akan dikirim kepada yang membutuhkan oleh Karang Taruna Kota Bandung, anak2 muda keren yang punya semangat Kesetiakawan sosial. Semoga bermanfaat. Hatur Nuhun,” tulis Emil.

Sebelumnya Jumat (3/6/2016) lalu dirinya secara khusus mengumpulkan para pimpinan SKPD, aparatur kewilayahan, serta pimpinan BUMN dan BUMD se-Kota Bandung di Pendopo Balai Kota Bandung terkait pengumpulan bantuan sosial yang ditujukkan untuk korban bencana banjir Bandang di Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak.  Ketika itu, untuk menghimpun dan mendistribusikan bantuan tersebut, Ridwan memercayakan semuanya pada Karang Taruna Kota Bandung. Dikatakan Ridwan, generasi mudalah yang akan menjadi garda depan dalam menyampaikan bantuan sosial Kota Bandung.

Mengenai pengumpulan dana yang baru dilakukan 2 minggu ini, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pihaknya memang sengaja fokus pada penanganan pasca bencana.

“Kita fokus tidak di tanggap darurat. Kita akan fokus di pasca tanggap darurat,” tutur Ridwan ketika itu.

Ridwan Kamil memang memiliki hubungan historis emosional dengan Subang karena Ayahnya sendiri berasal dari Subang. Kakeknya merupakan pendiri pesantren Pagelaran yang beberapa waktu lalu diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. (baca juga : Kakek Ridwan Kamil Pendiri Pesantren Pagelaran Subang Diusulkan jadi Pahlawan Nasional)