Inilah Besaran Zakat Di Subang Tahun Ini

zakatBadan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang, sudah menetapkan nominal besaran zakat fitrah untuk Ramadan tahun ini.

“Kalau dinominalkan secara uang, untuk besaran zakat fitrah di kabupaten Subang sudah ditetapkan yaitu Rp25 ribu. Adapun kalau beras berdasarkan ketentuan sebanyak 2,5 kilogram,” kata Kepala Humas Baznas Kabupaten Subang Suryana, Minggu (14/7/2013).

Besaran nominal zakat fitrah tersebut, tutur Suryana, sudah disesuaikan dengan harga terbaru yang diterimanya dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Subang.

Harga terbaru di Disperindag Subang, untuk harga bahan pokok beras rata-rata satu kilogramnya Rp10 ribu. “Kita mengambilnya sudah harga pertengahan. Sesuai kehati-hatian, kita lebih baik lebih dari pada kurang,” paparnya.

Hal itu, menurut Suryana, dilakukan untuk meminimalisasi keluhan warga. Sebab berdasarkan pengalaman Ramadan tahun sebelumnya, banyak warga yang tak setuju dengan nominal yang ditetapkan, warga menganggap nominal besarannya terlalu kecil. “Untuk itu dalam menentukan besaran nominal zakat tersebut sudah dilakukan secara jeli,” tuturnya.

Target Pengumpulan Zakat

Suryana mengatakan pada tahun lalu, zakat fitrah yang terkumpul sebanyak Rp23 miliar. “Maka untuk tahun ini kami menargetkan mengumpulkan zakat fitrah sebanyak Rp25 miliar,” katanya, Minggu (14/7/2013).

Untuk mencapai mencapai tersebut, tutur Suryana, Baznas Kabupaten Subang sudah menyebar sebanyak 700 ribu kupon ke setiap Unit Pengumpul zakat (UPZ) yang nantinya disebar ke desa dan RW. “Penyebaran kupon itu sudah kita lakukan sejak awal Ramadan,” paparnya.

Sementara itu, soal pembagian zakat fitrah di Kabupaten Subang, dilakukan oleh setiap UPZ masing-masing, dan tidak ditarik ke Baznas Kabupaten. Hal itu dilakukan, selain guna meningkatkan kejahteraan masyarakat, juga penerima zakat di lingkungan bisa langsung merasakan pembagian zakat tersebut.

Dengan demikian, tutur Suryana, Baznas Kabupaten Subang hanya menerima laporan dari setiap UPZ masing-masing. “Biasanya laporan secara resmi bisa diketahui berapa jumlah zakat fitrah terkumpul empat hari setelah Lebaran,” pungkasnya. (Inilah)