Tanjungsiang Kini Miliki Tugu Golok

KOTASUBANG.com, Tanjungsiang – Setiap daerah di Subang memiliki potensi unggulannya. Tangan-tangan terampilnya menghasilkan produk khasnya masing-masing. Seperti daerah Tanjung Siang misalnya, selain menghasilkan dandang atau seeng daerah ini juga merupakan sentra penghasil golok dengan kualitas baik, diantaranya golok barlen.

Sayang golok produksi Tanjungsiang ini lebih dikenal di daerah tetangga seperti Sumedang, Majalengka dan Bandung. Bahkan menurut Taufik ketua RW 07 Kampung Cibeureum Desa Tanjung Siang, banyak yang mengira golok barlen adalah produksi daerah-daerah tersebut padahal golok barlen adalah produk khas Cibeureum, Tanjungsiang. (baca juga : Golok Barlen Khas Tanjung Siang, Sohor di Kota Tetangga)

IMG-20160605-WA0027
Tugu golok Barlen, Tanjungsiang
IMG-20160605-WA0031
Pameran hasil kerajinan masyarakat Tanjungsiang

“Bedog barlen tersebar hingga ke Bandung, Sumedang, Majalengka namun sayang di Subang kurang dikenal. Bahkan di khawatirkan bedog barlen khas Subang ini diklaim oleh daerah lain, padahal hasil kerajinan asli Subang,” kata Taufik.

Karenanya, agar golok khas Tanjungsiang ini tidak sampai diklaim oleh daerah lain, dan menjadi salah satu kerajinan khas kabupaten Subang, dirinya dan warga Cibeureum berinisiatif membangun tugu golok barlen di kampung Cibeureum. Tugu tersebut diresmikan Minggu (5/6/2016) lalu. Peresmian tugu tersebut dirangkai dengan acara pentas seni tradisi dan pameran kerajinan hasil karya penduduk sekitar. Pencak silat, karinding, kacapi suling hingga Debus ditampilkan dalam rangkaian acara yang berlangsung 2 hari tersebut.

Turut hadir dalam acara puncak, para seniman Subang dan Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi. (baca juga : Gagahnya Golok Made in Subang)

Berita Terkait: