Aher Kirimkan Ahli Geologi, Dedi Mulyadi Kirimkan 100 Tukang Cangkul Ke Lokasi Banjir Bandang Cisalak

KOTASUBANG.com, Subang – Pemprov Jabar berjanji akan segera merelokasi warga Kampung Cihideung Girang, Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Subang, yang menjadi korban banjir bandang pada Ahad malam (22/5/2016) kemarin. Sebelum merelokasi, pemprov akan segera menurunkan ahli geologi untuk mencari lokasi yang aman bagi warga.

“Warga di kampung ini harus segera direlokasi,” ujar pria yang akrab disapa Aher, saat meninjau lokasi banjir bandang seperti dikutip Republika, Kamis (26/5).

Menurutnya, penelitian kondisi tanah tersebut, tidak akan lama. Paling butuh waktu dua sampai tiga hari. Setelah itu, hasil penelitian ini akan menjadi rujukan untuk menentukan lokasi relokasi. Terkait dengan biaya relokasi dan pembangunan rumah warga, Aher mengaku, akan dilakukan secara gotong royong. Yakni, bantuan dari Pemprov Jabar dengan Pemkab Subang serta akan meminta bantuan dari Kementerian Sosial.

 

bupati dedi subang

Sementara itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi hari ini juga menerjunkan sebanyak 100 orang relawan tukang cangkul yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat Bencana ke lokasi banjir bandang di Desa Sukakerti Cisalak. Seratus personel tukang cangkul yang dipimpin langsung Dedi Mulyadi tersebut sedianya akan membantu warga korban banjir untuk membersihkan puing-puing yang diakibatkan oleh banjir bandang yang mendera wilayah tersebut Minggu (22/5) lalu.

“Saya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kemanusiaan. Sifat kemanusiaan itu kan tidak mengenal batas teritorial. Maka saya bawa para relawan kesini untuk membantu warga disini meskipun berlainan Kabupaten”. Kata Dedi di lokasi bencana.

Selain membawa seratus orang tukang cangkul ke lokasi bencana, Dedi pun membawa sejumlah paket bantuan untuk didistribusikan kepada warga korban banjir. “Ini bagian dari solidaritas saja. Purwakarta dan Subang kan bertetangga. Saya juga lahir di Subang. Sudah sepantasnya kami dari Purwakarta datang untuk membantu warga disini”. Kata Dedi menutup statementnya.

Berita Terkait: