Golok Barlen Khas Tanjung Siang, Lebih Sohor di Kota Tetangga

KOTASUBANG.com, Tanjungsiang, – Bedog/Golok Barlen. Siapa sangka golok buatan kampung Cibeureum, Desa Tanjung Siang ini sohor di daerah tetangga seperti Sumedang, Bandung dan Majalengka. Meski kurang dikenal di wilayah Subang sendiri justru di daerah-daerah tersebut golok barlen laris manis. Barlen adalah hiasan berupa lilitan logam tipis pada warangka / sarangka bedog. Selain menjadikan bedog lebih gagah, barlen juga menjadikan golok lebih aman dan sarangka lebih kuat. Selain hiasan barlen, yang menjadikan bedog produksi Cibeureum khas adalah perah / gagang bedog yang terbuat dari tanduk kerbau.

bedog barlen 2 subang

“Bedog barlen tersebar hingga ke Bandung, Sumedang, Majalengka namun sayang di Subang kurang dikenal. Bahkan di khawatirkan bedog barlen khas Subang ini diklaim oleh daerah lain, padahal hasil kerajinan asli Subang,” kata Taufik salah seorang ketua RW di Cibeureum dimana banyak warganya yang berprofesi sebagai pengrajin golok.

Saat ini menurut Taufik dikampungnya ada puluhan orang yang berkecimpung dalam pembuatan kerajinan golok. Mereka terdiri dari pandai besi yang membuat golok dan maranggi atau yang membuat gagang dan sarangka termasuk aksesoris pelengkapnya. Selain membuat golok barlen berbagai perkakas lain juga dibuat di kampung Cibeureum termasuk kujang.

subang bedog barlen 3

Taufik berharap golok barlen yang memiliki ciri khas ini tidak sampai diklaim oleh daerah lain, dan menjadi salah satu kerajinan khas kabupaten Subang. Karenanya, dirinya dan warga Cibeureum berinisiatif membangun tugu golok barlen di kampung Cibeureum. Tugu setinggi hampir empat meter ini rencananya akan diresmikan tanggal 5 Juni mendatang.

Berita Terkait: