Paguyuban Pedagang Pasar Dukung Manifesto Perubahan #SubangBARU

KOTASUBANG.com, Subang – Kelebihan pasar tradisional dibandingkan dengan pasar modern setidaknya ada dua hal mendasar ; pertama dari aspek kesegaran produk (terutama buah-buahan dan sayuran) dan kedua dari aspek kesederhanaan dalam transaksi (“batu turun, keusik naek“, tawar menawar, interaksi pedagang dan pembeli, dan lain-lain). Apalagi jika kelebihan itu ditunjang lagi oleh infrastruktur fisik yang “modern” (kios rapi dan seragam, lantai tidak becek di musim hujan, tidak berdebu di musim kemarau, tempat parkir yang luas) maka akan makin maju dan ramailah pasar tersebut.

Sayangnya, mimpi pasar tradisional seperti itu masih jauh panggang dari api di Kabupaten Subang. Secara konsep, pembangunan pasar baru yang berdekatan dengan terminal merupakan ide penataan yang cemerlang.

“Namun dalam implementasinya Nol Besar”, kata Pak Irwan selaku ketua Paguyuban Pasar Panjang dalam dialog tadi pagi (30/4/2016). Relokasi pedangang pasar pujasera dan pasar panjang ke pasar baru tidak pernah berhasil. Pedagang selalu menjadi korban dalam polemik pengelolaan pasar yang carut marut. Bukti Pemerintah daerah tidak profesional sehingga banyak oknum yang memancing di air keruh.

Keinginan pedagang sebenarnya sangat sederhana. Hoyong kios anu layak, terjangkau, kepastian hukum dan kenyamanan lingkungan pasar.

“Masak jualan produk segar di tempat kumuh, ya moal rame atuh pembelina” celetukĀ  Didi, salah satu pedagang kelapa di Pasar Panjang. Tidak butuh teori yang rumit untuk mewujudkan itu, hanya perlu kemauan dan keberpihakan pemangku kebijakan.

Uniknya, para pedagang di pasar panjang ini meskipun berada dalam posisi ketidakpastian, mereka tidak hanya memikirkan diri sendiri.

“Selain soal ekonomi, Kami titip bagaimana caranya agar pelayanan kesehatan dan pendidikan bisa lebih baik dari sekarang. Kami sangat senang kalau para akademisi ini turun gunung. Kami sedih, di Subang ini oknum LSM dan Ormas lebih dihargai dan didengarkan daripada para akademisi dan orang-orang pinter lainnya. Pantesan urang teu maju-maju” ungkapnya.

“Kami siap mendukung manifesto perubahan untuk #SubangBARU yang lebih baik” pungkasnya. (YP)

Berita Terkait: