Apakah Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif itu?

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 yang dipusatkan di Alun-alun Subang, Senin (2/3/2016) Dinas Pendidikan melakukan peluncuran gerakan wajib belajar malam hari efektif. Apakah Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif itu?

Latar Belakang

Belajar merupakan salah satu tugas pokok dari setiap individu dan kegiatan inti dari proses pendidikan. Ketercapaian proses pendidikan menentukan masa depan bangsa, negara, dan individu. Pemanfaatan waktu merupakan bagian yang sangat penting dalam belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Pendidikan di lingkungan keluarga adalah yang pertama dan utama dalam pembentukan karakter peserta didik. Keterbatasan waktu di sekolah perlu diikuti pemanfaatan waktu di luar jam sekolah. Waktu belajar malam merupakan waktu yang sangat tepat untuk dimanfaatkan di lingkungan keluarga. Pemanfaatan waktu jam belajar malam berpengaruh juga terhadapan pola kehidupan masyarakat yang kondusif dari segala aspek ideologi, politik, sosial, budaya, ekonomi, keamanan.

Waktu Belajar Malam ini merupakan salah satu wujud Gerakan Pembangunan Pendidikan Untuk Rakyat (GAPURA PERAK). Sehubungan dengan itu,  pemerintah Kabupaten Subang akan mengimplementasikan Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif  dalam mewujudkan peserta didik yang memiliki ilmu pengetahuan yang berkarakter, masyarakat berkembang demi kemajuan Kabupaten Subang.

Pengertian Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif

Suatu gerakan yang mengharuskan peserta didik untuk belajar secara perorangan atau kelompok di bawah bimbingan orang tua, guru, dan atau pembimbing yang berkompeten dibidangnya, dilaksanakan di rumah, tempat ibadah, PKBM, dan Balai Warga dari pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari Waktu Belajar Malam tersebut adalah :

  1. Mendorong stakeholder Pendidikan untuk turut serta berperan aktif dalam Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif;
  1. Terciptanya Peserta Didik yang berkarakter, memiliki kemampuan ilmu, teknologi yang berakhlak baik, dan berbudaya;
  2. Meningkatkan Peran aktif orang tua dalam membimbing dan mengawasi peserta didik.04 Balai desa subang

Petunjuk Teknis Pelaksanaan

Pelaksana dan Penyelenggara Gerakan

Peserta pelaksana gerakan jam wajib belajar malam hari efektif adalah peserta didik yang berada di satuan pendidikan SD sederajat, SMP sederajat, dan SMA sederajat di wilayah Kabupaten Subang.

Penyelenggara Gerakan adalah Sekolah/Madrasah/satuan pendidikan SD sederajat, SMP sederajat, dan SMA sederajat di wilayah Kabupaten Subang yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang; Penyelenggara Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif ini dibagi menjadi penyelenggara di tingkat Kabupaten/Kota tingkat kecamatan dan tingkat Desa/Kelurahan.

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Waktu Pelaksanaan Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Subang Nomor: 23 Tahun 2015. Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif adalah suatu gerakan yang mengharuskan peserta didik untuk belajar secara perorangan atau kelompok di bawah bimbingan orang tua, guru, dan atau pembimbing yang berkompeten dibidangnya, dilaksanakan di rumah, tempat ibadah, PKBM, dan Balai Warga dari pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB

Ruang Lingkup Materi Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif terdiri atas :

  • Pekerjaan Rumah (PR);
  • Belajar Baca Tulis Al-Quran (Mengaji)/ Keagaamaan
  • Bahan Pelajaran yang akan diajarkan;
  • Materi Intrakurikuler, dan
  • Bahan ajar lain yang masih berhubungan dengan materi ajar siswa.

Sistem Pengawasan Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif dilakukan oleh Fasilitator/Pembimbing yang terdiri atas :

  • Kepala Sekolah;
  • Guru Kelas;
  • Tokoh Pemuda atau Karang Taruna;
  • Pengasuh Peserta Didik

Fasilitas yang digunakan

Fasilitas yang digunakan Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif terdiri atas :

  • Rumah Tinggal;
  • Balai Rukun Warga (RW);
  • Tempat Ibadah;
  • Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM).

jam wajib belajar malam efektif subang

Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan

Pemantauan, evaluasi dan pelaporan dilakukan oleh Penyelenggara tingkat kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

Sanksi

  1. Peserta didik dan Orang tua pelaksana Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif yang melanggar juknis diberi peringatan oleh fasilitator Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif. Apabila peserta didik dan orang tua Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif setelah diberi peringatan tetapi tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka fasilitator mencatat dan mengusulkan Peserta didik dan Orang tua tersebut untuk dilaporkan ke tingkat Desa/Kelurahan.
  2. Fasilitator Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif yang melanggar ketentuan Juknis dibebas tugaskan dan diganti oleh yang lain, serta tidak diikut sertakan dalam kegiatan Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif.