Gerakan Literasi dan Wajib Belajar Malam Hari Efektif Diluncurkan

KOTASUBANG.com, Subang – Tarian kolosal berjudul Nonoman Medal Makalangan yang dibawakan siswa-siswi SMP dan SMA Compreng memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Subang yang digelar di Alun-alun Subang. Tarian arahan sanggar Sadewa Compreng ini menjadi penanda diluncurkannya program gerakan literasi sekolah atau gerakan membaca dan menulis di lingkungan sekolah di Kabupaten Subang. Gerakan ini diluncurkan karena minat menulis dan membaca dikalangan pelajar di Subang tergolong sangat rendah.

subang hardiknas 2016 3subang hardiknas 2016 mei

Selain peluncuran gerakan literasi, dalam upacara peringatan Hardiknas 2016 tingkat Kabupaten SubangĀ  diluncurkan pula program wajib belajar malam hari efektif bagi siswa sekolah. Gerakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Efektif yang mengharuskan peserta didik untuk belajar secara perorangan atau kelompok di bawah bimbingan orang tua, guru, dan atau pembimbing yang berkompeten dibidangnya, dilaksanakan di rumah, tempat ibadah, PKBM, dan Balai Warga dari pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih berharap dengan kedua gerakan ini, tingkat pendidikan di Kabupaten Subang menjadi meningkat.

“Sehingga SDM Kabupaten Subang mampu bersaing dengan daerah lainnya,” katanya.