Harapan Paguyuban Pedagang Pasar Panjang untuk #SubangBARU

KOTASUBANG.com, Subang -Perwakilan dari Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP) dan relawan #SubangBARU hari ini melakukan dialog dengan Paguyuban Pedagang Pasar Panjang (pasar Inpres). Dalam kesempatan itu perwakilan pedagang Pasar Panjang kembali menyatakan menolak untuk di relokasi ke belakang terminal. Namun mereka mau menerima jika ada pembinaan dan penataan atau penertiban pasar panjang.

Jawaban mereka masih tetap sama dengan hasil kajian sekunder yang dilakukan LPPM STIE Sutaatmadja pada tahun 2012 lalu. Kajian tersebut berupa survey terhadap Pedagang Tradisional sebanyak 61 responden yang tersebar di beberapa titik di kota Subang, ketika itu 96 % menyatakan menolak untuk direlokasi. Jika pun terpaksa harus pindah, ketika itu responden memberikan syarat, yaitu lokasi harus strategis, ada jaminan pelanggan tetap atau meningkat dan harga sewa kios/jongko terjangkau.

Para pedagang pasar panjang ini mengungkapkan bahwa sebenarnya mereka sudah 3-4 kali bolak-balik pindah ke pasar terminal namun akhirnya balik lagi ke pasar panjang karena penghasilan mereka tak sesuai harapan.

“Ini soal rezeki bukan soal ketidakpatuhan kepada aturan pemerintah, nyata bahwa ada kebijakan Pemkab yang tidak menyeluruh sehingga pintu rezeki seolah jadi tertutup,” kata Gugyh Susandy, M.Si dari TRPIP

Gugyh mengungkapkan jika ditata dengan baik pasar tradisional sebenarnya memiliki keunggulan dibandingkan pasar modern, diantaranya produk yang dijual lebih segar, harga lebih murah, pengetahuan produk dari penjual lebih baik dan proses pembayaran mudah dan sederhana.

“Diskusi awal ini menjadi input yang berharga untuk kemudian dirumuskan dengan hasil-hasil kajian sekunder dan tentu saja disempurnakan dengan pertemuan lanjutan agar didapatkan konsep penataan pasar tradisional dalam paradigma #SubangBaru dengan Manifesto Perubahannya,” kata Gugyh.

Sementara itu perwakilan paguyuban pedagang pasar panjang mengungkapkan, sebenarnya keinginan mereka sederhana saja, yaitu ingin mencari rezeki yang berkah dari usahanya.

“Kami pedagang tradisional ingin bersama-sama pengusaha pasar modern mencari rizki yang berkah dan dan harapan itu kami titipkan di konsep #SubangBaru,” ujar Itang dari paguyuban pedagang pasar panjang.

Sekedar informasi dari hasil pembicaraan antara wakil Bupati Imas Aryumningsih dan Ketua Kadin Jabar Agus Suryamal, Ex- pasar inpres tersebut rencananya akan dibangun sebuah Mall namun hingga saat ini belum ada investor yang jelas.