Ratusan Peserta Ikuti SMEs Talk bersama KADIN Jabar dan HIPMI Subang di STIESA

KOTASUBANG.com, Subang – Ratusan peserta yang terdiri dari pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), pelajar dan mahasiswa hari ini, Selasa (26/4/2016) mengikuti gelaran SMEs Talk (bicara UMKM) yang diselenggarakan KADIN Jabar bekerjasama dengan HIPMI Subang, BNI, Indonetwork dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmaja (STIESA). Acara yang diselenggarakan di gedung Graha Sofia STIESA ini di buka langsung oleh Wakil Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Subang kembali mengajak masyarakat Subang untuk mensukseskan program Gapura Emas yaitu Gerakan Pembangunan Rakyat – Ekonomi Masyarakat yang dicanangkan Pemkab Subang.

“Acara ini sejalan dengan program Gapura Emas, dengan suksesnya program Gapura Emas maka Kabupaten Subang pasti akan maju. Subang ini potensinya lebih kaya dari kabupaten lain karena memilki laut, sawah yang luas hingga gunung, tinggal SDMnya saja yang perlu ditingkatkan,” katanya.

Ketua Kadin Jabar, Agung Suryamal mengungkapkan, UMKM adalah penyelamat negara ketika terjadinya krisis ekonomi, karena peranannya tersebut keberadaan UMKM harus terus ditingkatkan. Untuk itu Agung mengaku pihaknya memiliki solusi untuk masalah UMKM. Pertama, untuk mengembangkan wirausahawan baru pihaknya memiliki program Perahu (Penumbuhan Wirausaha Baru), Studepreneur penumbuhan wirausaha dikalangan mahasiswa dan GARUDA (Gerakan Wirausaha Desa).

“Kedua, kita membentuk lembaga pendidikan dan pelatihan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan skill dan kompetensi SDM bagi pelaku UMKM,” katanya.

Dan yang ketiga pihaknya telah manjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan dalam bentuk membiayai program-program yang berkaitan dengan pengembangan UMKM.

smes talk hipmi kadin jabarumkm subang plut

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang, Drs. Ugit Sugiana, M.Si yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan KUMKM Subang.

“Dan untuk memicu pertumbuhan KUMKM di Subang Dinas Koperasi dan UMKM Subang sekarang juga sudah memiliki gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu – KUMKM, yang juga difungsikan sebagai pusat galeri produk KUMKM Subang,” katanya.

H. Daeng M. Ma’mur ketua Yayasan Sutaatmadja mengungkapkan pihaknya selalu mendukung kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi masyarakat dan selalu apresiatif dengan kegiatan yang diselenggarakan anak muda seperti HIPMI.

“Dengan segala rencana pembangunannya termasuk akan dibangunnya Pelabuhan Patimban, mari kita bangun Subang Baru dengan anak-anak muda sebagai penggeraknya, tanpa korupsi, Subang yang lebih maju,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan ketua HIPMI Subang Dindin Lazuardin. Ia mengatakan HIPMI Subang di mana di dalamnya berisi anak-anak muda Subang selalu siap bersinergi dan mengambil langkah-langkah inisiatif untuk kemajuan Kabupaten Subang. Salah satunya, dirinya bersama dengan anak-anak muda lainnya telah mendirikan koperasi Karya Muda Subang, koperasi yang semua anggotanya merupakan anak muda Subang.

“Kami siap membangun Subang Baru, Subang energik yang digerakkan anak-anak muda,” tandasnya.