Mengunjungi Museum dan Pabrik Teh di Ciater, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang merupakan salah satu penghasil teh di Indonesia. Perkebunan teh milik PTPN VIII di Subang menghampar luas di daerah Ciater hingga Bukanagara. Panorama yang indah dan udara yang sejuk di perkebunan teh tersebut sangat disukai wisatawan.

Selain bisa menikmati keindahan kebun teh, para wisatawan juga bisa menengok sejarah perkebunan teh di Museum Teh yang terdapat di jalan raya Subang – Bandung. Museum ini memanfaatkan sebuah gedung tua peninggalan Belanda yang kini juga dikenal dengan nama gedong buleud. Di dalam gedung ini pengunjung selain bisa mempelajari perkembangan perkebunan teh juga dapat melihat beberapa karya seni seperti lukisan yang tebuat dari teh. (baca juga : Pabrik Teh Ciater, Subang Banyak Dikunjungi Turis Mancanegara)

museum teh ciater subang museum teh ciater subang 2

Dari museum teh, para wisatawan juga bisa melihat proses pengolahan teh di dalam pabrik. Lokasi pabrik teh berjarak sekitar 4 Km dari Museum Teh ini. Seorang pemandu siap menemani para pengunjung berkeliling pabrik melihat proses pengolahan daun teh tahap demi tahap hingga dikemas dan siap dijual.

Lelah berkeliling pabrik, secangkir teh hangat bisa pengunjung nikmati di sebuah cafe di depan pabrik. Cafe ini langsung menghadap perkebunan teh Ciater. Sambil menikmati teh dan menu istimewa yang disajikan, pengunjung bisa langsung melihat aktivitas para pemetik teh dari atas cafe. (baca juga : Curug Sadim, Keindahan Tersembunyi di Antara Kebun Teh Ciater)

pabrik-teh-subang-ciater

Lokasi wisata lainnya di sekitar perkebunan teh Ciater yang dikelola PTPN VIII yaitu curug mandala, curug Sadim dan Paralayang di bukit Santiong. (baca juga : Flying Tea, Sensasi Melayang Bebas di Atas Perkebunan Teh Subang)