HUT ke-68 Subang Akan Pecahkan Rekor MURI Rengkong, Seni Apakah Itu?

KOTASUBANG.com, Subang – Kemeriahan hari jadi Subang ke-68 telah di mulai, berbagai perlombaan sudah digelar. Namun ada satu acara puncak perayaan hari jadi yang tak boleh dilewatkan, yaitu pemecahan rekor MURI seni rengkong.

Tahukah Anda, apakah seni rengkong itu?

“Ini adalah salah satu seni yang menggambarkan kebahagiaan petani di tatar sunda yang dikenal sebagai lumbung padi,” kata Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang, Yatin, S.Pd.

Rengkong diambil dari nama alat yang dahulu digunakan untuk memanggul beras. Rengkong terbuat dari bambu biasanya jenis gombong yang banyak ditemukan di Jawa Barat. Bambu yang panjangnya sekitar 2 meter tersebut kemudian dikaitkan dengan tali injuk yang sudah diikatkan pare geugeusan (setandan beras). Bambu akan menghasilkan suara yang unik hasil dari pergesekan tali injuk dengan bambu. Suara tersebut akan terdengar menarik dan meriah jika rengkong yang dimainkan serempak dalam jumlah banyak.

“Nanti pada pelaksanaannya akan ada 680 orang yang menari rengkong menyesuaikan dengan angka usia Kabupaten Subang saat ini yang memasuki usia ke 68 tahun,” lanjut Yatin.

Rencananya, para penari ini nantinya akan membentuk konfigurasi-konfigirasi tertentu, termasuk membentuk formasi tulisan HUT 68. Mengenai persiapan, Yatin mengungkapkan segalanya sudah hampir selesai.

“Tinggal pelaksanaannya,” pungkasnya.