Segera !!, Lomba Teknologi Tepat Guna Hadiah Puluhan Juta Rupiah

KOTASUBANG.com, Subang – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan menstimulan serta menjaring ide-ide kreatif melalui penemuan TTG berbasis kearifan lokal dan potensi daerah, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kabupaten Subang kembali akan menggelar Lomba TTG tingkat Kabupaten Subang. Demi suksesnya acara, BPMKB sebagai penyelenggara kegiatan tersebut kali ini menggandeng Pusbang TTG LIPI.

“Kami berharap dengan dukungan dari Pusbang TTG LIPI, rekan media dan berbagai pihak lainnya peserta lomba TTG tahun ini semakin banyak, apalagi hadiah yang disediakan cukup besar yaitu senilai Rp. 15 juta ditambah uang replikasi produk senilai Rp. 20 juta,” jelas Kasubid PMKT BPMKB, Burhan saat rapat koordinasi penyelenggaran lomba TTG di Aula Pusbang TTG LIPI, jalan KS Tubun, Subang.

Burhan mengakui antusiasme pelajar dan masyarakat untuk mengikuti perlombaan ini masih rendah, padahal pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya dan hadiah yang disediakan cukup besar. Hal ini disebabkan belum sampainya informasi dan pemahaman masyarakat mengenai perlombaan ini. Sejauh ini kebanyakan masyarakat Subang hanya memahami lomba TTG identik dengan invensi dan inovasi alat dan mesin saja.

Menurut Juri Nasional Gelar TTG dan Peneliti Senior LIPI Ir. Arie Sudaryanto, MT ada beberapa aspek pengembangan TTG yaitu Pengolahan Pangan, Pemanfaatan Energi, Pengelolaan Lingkungan, Penyediaan dan Pemeliharaan Infrastruktur, Pemampuan Ekonomi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Arie juga menjelaskan berdasarkan Permendagri No 20/2010, Teknologi Tepat Guna yang dimaksud adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Pengembangan Pusbang TTG LIPI, Rima Kumalasari STP, MM berharap dengan penyelenggaran lomba TTG ini akan muncul inovator-inovator Subang yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Peneliti LIPI lainnya Yanu Endar Prasetyo, MSi berharap dengan event seperti ini akan semakin menumbuhkan Grassroots Innovation, penemuan-penemuan dari masyarakat untuk mengatasi kendala yang berat dengan menemukan solusi efektif dan menggunakan sumber daya terbatas.

Sandy Halimansyah, S.Ikom, dari Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM (PLUT-KUMKM) Subang juga berharap dari lomba ini akan muncul penemuan-penemuan yang bermanfaat bagi pengembangan UMKM dan masyarakat pada umumnya. Mungkin pula sebenarnya TTG sederhana ini muncul dan sudah ada dikalangan UMKM sehingga bisa dikutsertakan dalam perlombaan ini.