Begini Penampakan Gerhana Matahari di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Gema takbir berkumandang semenjak pagi di berbagai pelosok Subang. Kemudian umat muslim di beberapa pelosok daerah berbondong-bondong ke masjid terdekat. Hari ini, Rabu (9/3/2016) umat muslim melaksanakan ibadah shalat kusuf atau shalat yang dilaksanakan ketika terjadinya gerhana matahari, sebuah fenomena alam yang luar biasa yang jarang terjadi.

Hari ini di beberapa wilayah di Indonesia mengalami gerhana matahari total, sementara di wilayah lainnya termasuk Subang masyarakat bisa menyaksikan gerhana matahari parsial. Berdasarkan pengamatan KOTASUBANG.com pada puncak gerhana matahari parsial di Subang, matahari hanya tertutup sekitar 65 % saja. Suasana menjadi sedikit redup ketika puncak gerhana terjadi.

Fenomena alam gerhana matahari total terakhir kali terjadi di Subang pada tahun 1983 yang lalu. Menurut para orang tua, saat itu sebagian warga di desa-desa menyambutnya dengan tatalu atau membuat berbagai bunyi-bunyian atau tetabuhan menggunakan beragam benda disekitarnya.

IMG_9566

Berita Terkait: