Hari Perempuan Sedunia, Aliansi Buruh Subang Lakukan Aksi Simpatik

KOTASUBANG.com, Subang – Memperingati hari perempuan yang jatuh hari ini (8/3/2016) ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Subang lakukan aksi simpatik di pusat kota Subang. Mereka membagikan bingkisan kaos bertuliskan International Women’s Day kepada beberapa perempuan pekerja yang mereka temui di beberapa titik di pusat kota Subang.

“Kami berikan bingkisan sederhana dan kaos kenang-kenangan hari perempuan sedunia kepada beberapa wanita. Mulai dari pedagang asongan, penjaga toko, karyawan salon, karyawan hotel hingga Polwan yang mengawal aksi kali ini. Kadang masyarakat suka lupa bahwa mereka juga  sebenarnya buruh seperti halnya buruh pabrik yang harus juga diperhatikan,” ujar Dani dari ABS yang juga sebagai ketua SPMKB.

Selain melakukan aksi simpatik tersebut, para buruh juga melakukan orasi di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang dan Gedung DPRD Subang.

Dalam orasinya, sesuai tema hari perempuan sedunia kali ini mereka menuntut penghentian eksploitasi buruh perempuan Subang.

“Kami menuntut dihentikannya eksploitasi buruh perempuan seperti lembur yang tak wajar (sampai selesai target ekspor), kerja kontrak dan upah murah. Kami juga menuntut pemenuhan hak-hak buruh perempuan seperti cuti hamil dan melahirkan dan ruang laktasi atau menyusui,” ungkap anggota ABS lainnya Sujono Harmanto dalam orasinya.

Dalam aksi tersebut para buruh juga mendesak segera diwujudkannya Perda Ketenagakerjaan yang mengatur perlindungan buruh Subang. Selain itu para buruh yang berunjuk rasa juga menuntut segera diselesaikannya kasus PHK sepihak yang alami oleh salah satu aktivis buruh perempuan, Esty Setyorini.

Berita Terkait: