Bupati Ojang Setujui Desain Taman Alun-alun yang Diusulkan Berbagai Komunitas

KOTASUBANG.com, Subang – Usulan desain taman sebelah utara Alun-alun Subang yang diajukan oleh beberapa komunitas Subang diterima oleh Bupati Subang Ojang Sohandi, Senin (7/3/2016). Rencananya konsep usulan dari berbagai komunitas tersebut segera diteruskan kepada Kepala Dinas Tarkimsih. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Asosiasi BMX Indonesia (ABI) Kab. Subang, Jamal Kumaunang yang menjadi salah satu pengusung desain taman Alun-alun tersebut.
“Proses pengajuan rencana penataan Alun – alun Kota Subang tersebut, telah mendapat persetujuan dari Bupati Subang. Kemudian kami segera melakukan audiensi kepada Kepala Dinas Tarkimsih Kab. Subang mengenai pengajuan Penataan Alun – alun Kota Subang itu agar mampu terealisasi secara optimal,” katanya.
Menurut Jamal Kumaunang, konsep Penataan Alun – alun Kota Subang yang diusulkan adalah ruang publik yang bernilai sosio edukatif dengan fasilitas yang mampu dinikmati semua lapisan masyarakat. Fasilitas yang terdapat di dalamnya antara lain area bermain (BMX, skateboard, olahraga rekreasi), lingkup edukasi mengenal bentuk, wall border yang dikelilingi oleh pohon konservatif sebagai kawasan terbuka hijau penyedia oksigen. Analogi taman tampak atas mengusung analogi tulisan SERASI serta dilengkapi berdiri relief bertuliskan SERASI adalah bentuk ejawantah dari Program GAPURA SERASI.
alun alun subang
Konsep desain sebelah utara Alun-alun Subang yang diusulkan berbagai komunitas
“Kami berusaha menerapkan rupa bentuk dan relief yang bertemakan SERASI sebagai bentuk aplikasi dari program unggulan pemkab subang bernama GAPURA SERASI, ” lanjutnya.
Adapun menurut Pimpinan Pecinta Alam Kabupaten Subang (Paksa), Hadi Wibowo, Penataan Alun – alun Kota Subang menelaah pada pendekatan peduli lingkungan.
“Selain dikelilingi oleh pohon konservatif, fasilitas di pengajuan Penataan Alun – alun Kota Subang juga menggunakan material ramah lingkungan yang mampu memiliki resapan air yang baik,” jelas Hadi.
Dengan disetujuinya konsep taman Alun-alun yang diajukan oleh berbagai komunitas ini diharapkan keinginan dari berbagai komunitas dan masyarakat mengenai adanya ruang publik yang memadai sebagai tempat rekreasi warga di pusat kota akan segera terwujud.

Berita Terkait: