Bengkulu Belajar Ternak Itik Hingga Ke Subang

peternak itikSebanyak 40 orang yang tergabung dalam rombongan Kunjungan Kerja Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu datang ke Subang. Tujuan kunjungan kerja seperti disampaikan pimpinan rombongan yang juga Asisten Bidang Pembangunan Kab Bengkulu, Ir. Dadang Sukomdi bahwa pihaknya ingin belajar mengenai pengelolaan peternakan itik dan peternakan sapi. Rombongan diterima oleh Asisten Administrasi Pembangunan, Ir. H. Rahmat Fatharahman yang didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan, Ir. H. Djadja Rohadamadja di ruang rapat Bupati, Selasa (2/7).

Dalam sambutannya Rahmat menyampaikan tentang menjelaskan tentang Program Desa/Kelurahan Mandiri Gotong Royong yang menjadi startegi pembangunan di Kabupaten Subang. Dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta jiwa merupakan modal besar dalam pembangunan.

Selanjutnya Dadang Sukomdi menyampaikan bahwa Kabupaten Lebong baru berumur 10 tahun dengan luas wilayah hampir sama dengan Subang sekitar 200 hektar. Namun dari luas tersebut hanya 30% yang bisa dikelola karena terdapat wilayah hutan lindung. Jumlah penduduk hanya 100 ribu jiwa.

Dalam setahun pertanian di Lebong hanya 1 kali panen dan periode berikutnya digunakan untuk peternakan. Mengenai peternakan ini pun para peternak berusaha mengoptimalkan pakan ternak dengan kekayaan alam yang ada. Kedatangan ke Subang bersama para peternak itik dan peternak sapi adalah untuk mempelajari pengelolaan peternakan dari Kabupaten Subang supaya lebih optimal.

Selanjutnya dilakukan tukar cindera mata antara kedua belah pihak yang dilakukan oleh Dadang Sukomdi dan Rahmat Fatharahman.

Berikutnya dilanjut dengan acara pemaparan tentang pengelolaan peternakan itik dan peternakan sapi oleh Djadja yang didampingi para Kabid Dinas Peternakan Kab. Subang.  (Humas Kab. Subang)