Curug Sadim, Keindahan Tersembunyi di Antara Kebun Teh Ciater

KOTASUBANG.com, Ciater – Bunga terompet tengah bermekaran ketika KOTASUBANG.com tiba di sebuah curug di Panaruban, Ciater (25/2//2016). Tanaman yang juga dikenal dengan nama bunga kecubung ini ditanam berderet di pinggiran sungai kecil bernama sungai Cimuja yang alirannya menuju curug. Ratusan bunga yang menyerupai terompet terbalik ini rimbun menggantung di setiap pohonnya, tampak indah mekar serempak.

Curug yang tersembunyi dibalik bunga-bunga terompet diantara perkebunan teh ini namanya Curug Sadim. Sekitar tahun 2008 lalu curug ini mulai ditata untuk menjadi lokasi wisata. Kini lokasi disekitar curug Sadim sudah ditata lebih rapi, selain ada saung istirahat kini di lokasi tersebut juga terdapat dataran yang cukup luas untuk tempat camping.

curug sadim 3 CURUG SADIM 4

Curug ini merupakan salah satu Agrowisata yang ditawarkan PTPN VIII Ciater. Selain curug Sadim, curug lainnya yang dikelola PTPN VIII Ciater adalah curug Mandala yang masih satu aliran sungai dengan curug Sadim. Letak curug Mandala lebih ke hulu aliran sungai Cimuja. Sedangkan lebih ke bagian hilirnya yang berdekatan dengan curug Sadim terdapat curug Pamandian Tuan, curug Cimuja, curug Karembong dan curug Goa Badak yang dikelola oleh taman wisata Capolaga. Aliran sungai Cimuja sediri merupakan jejak lava letusan gunung Tangkuban Parahu yang terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Jika hendalk menuju ke sana dari arah Sariater arahkan kendaraan menuju kampung Pabaruban, desa Cicadas. Sebelum kampung Panaruban anda akan menemukan Lapangan sepak bola. Jalan menuju curug Sadim terletak di seberang lapangan sepak bola tersebut.

 curug sadim 1 CURUG SADIM 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here