Peringati Hari Bahasa Ibu, Disbudparpora Gelar Pasanggiri Pupuh Buhun

KOTASUBANG.com, Subang – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Subang hari ini, Rabu (24/2/2016) menyelenggarakan pasanggiri pupuh buhun tingkat Sekolah Menengah Pertama. Puluhan peserta mengikuti acara yang di gelar di Aula Disbudparpora Subang tersebut.

Kasi Jarahnitra Disbudparpora Subang, Iim, S.Sos mengatakan acara ini digelar dalam rangka memperingati hari bahasa ibu sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Februari.

“Dalam rangka memperingati hari bahasa indung tersebut, kami menggelar dua buah acara. Hari ini diadakan lomba pupuh buhun tingkat SMP. Sedangkan hari kemarin kita selenggarakan lomba wiracarita,” ujar Iim.

Sebelumnya menurut Iim, putra Subang juga berhasil menjadi juara ke dua lomba presenter bahasa sunda tingkat Jawa Barat yang diikuti 90 peserta lomba dari seluruh Jawa Barat.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang, Yatin, M.Pd mengungkapkan bahwa pasanggiri pupuh ini dipandang perlu digelar karena pupuh mengandung nilai filosofi yang tinggi.

“Pupuh ini perlu disosialisasikan kembali khususnya kepada anak sekolah, karena syair dalam pupuh sarat nasehat kebaikan, semangat juang, tenggang rasa dan lain-lain yang harus diketahui anak-anak muda, ” ujarnya.

Dengan digelarnya berbagai lomba tersebut Yatin berharap timbul kebanggaan dan rasa memiliki di kalangan anak-anak muda terhadap bahasa sunda.

Berita Terkait: